oleh

Warga Marunda Kreasi Olah Hasil Limbah Jadi Souvenir Ondel-Ondel

-Daerah-18 views

 

Jakarta. SiaranJabodetabek.com-Mengolah barang bekas menjadi hasil karya yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal itulah yang dilakukan Safei dan Sudirman, warga RW 07 Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing untuk terus berkreasi memanfaatkan sejumlah barang bekas seperti botol bekas, bambu,   kertas dan sisa kain konveksi menjadi aneka souvenir khas betawi.

“Sudah 3 tahun kami memanfaatkan hasil limbah untuk menjadi souvenir khas betawi yang identik dengan ondel-ondel. Saat ini, ada 10 macam souvenir seperti gantungan kunci, bando, topeng, pajangan, gelas, pensil dan lain-lain,” jelas Safei didampingi Sudirman yang menggunakan nama SS Kreasi untuk merk produk unggulannya.
Harga yang ditawarkan untuk beragam produk unggulannya itu pun sangat terjangkau. “Kita jual mulai dari Rp 5 ribu sampai Rp 100 Ribu. Ada kapal phinisi juga dari limbah kayu. Kalau mau pesen ondel-ondel berbagai ukuran pun kita bisa buatkan,” ungkapnya saat menggelar aneka hasil karyanya di Lantai Dasar Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Selasa (2/4/2019).

Ia menjelaskan, dalam sehari proses pembuatan gantungan ondel-ondel yang kecil ini bisa mendapatkan 5 buah. “Lebih rumit membuat souvenir yang ukuran kecil karena membutuhkan fokus dan kesabaran yang tinggi,” terangnya.

Setiap hari libur berbagai produk unggulan SS Kreasi juga dipamerkan di Kawasan Wisata Rumah Si Pitung, Marunda. “Selain ikut pameran, kita juga terus promosikan produk ini lewat media sosial biar lebih dikenal karena kendala utamanya memang di segi pemasaran dan permodalan,” ujarnya.( Ilham)