oleh

Wali Kota Depok, Mohammad Idris Resmikan Laboratorium Biomolekular Untuk Pemeriksaan PCR Covid 19

Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya mengembangan fasilitas di Bidang Kesehatan. Ini terlihat saat Wali Kota Depok KH. Mohammad Idris meresmikan laboratorium Bio Molekuler untuk pemeriksaan PCR Covid-19 di Gedung BD RSUD Kota Depok Kamis (2/11/2021).

Dalam wawancaranya Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan bahwa RSUD Depok sebelumnya sudah memiiki fasilitas Tes Cepat Molekuler (TCM) .

“Sebelumya RSUD Depok ini sudah ada Tes Cepat Molekuler (TCM), dimana kapasitas TCM ini bisa 94 sampel dengan waktu 5 jam.” Ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Sebagai informasi Tes (PCR) Polymerase Chain Reaction adalah jenis pemeriksaan untuk mendeteksi pola genetik (DNA dan RNA) dari suatu sel, kuman, atau virus, termasuk virus Corona (SARS-CoV-2). Hingga saat ini, tes PCR merupakan tes yang direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mendiagnosis COVID-19, selain tes PCR ada tes lain juga yang bisa mendeteksi virus Covid-19, yang hasilnya bisa keluar lebih cepat yaitu tes rapid test, baik jenis antigen maupun antibodi, membutuhkan waktu yang cukup singkat.

Beliau juga mengatakan bahwa Seluruh pembiayaan terkait covid secara gratis, nantinya biayanya tersebut akan di klaim ke Kementrian.

“Seluruh pembiayaan terkait covid secara gratis, nanti akan diklaim dan akan di teruskan oleh kementrian untuk prosesnya ” Ujar Mohammad Idris.

Terakhir Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengingatkan warga untuk menjaga kesehatan dan lebih baik berdiam diri di rumah bila tidak ada kepentingat yang darurat, beliau juga mengingatkan saat liburan nanti lebih baik di rumah saja.

“Kalau tidak ada kepentingan yang darurat, jangan kita keluar, lebih baik membatasi mobilitas kita, dan jika ada keperluan yang mendesak silahkan keluar namun tetap perhatikan protokol kesehatan.” pungkas Mohammad Idris.