oleh

Kuliner Khas Bulan Ramadhan

Momen Bulan Ramadhan yang datang satu tahun sekali ini, kebanyakan khususnya umat muslim merindukan bulan suci ini.

Salah satunya kuliner khas yang ada hanya pada bulan ramadhan saja.

Apa itu!! Ini 3 kuliner tersebut:

1. Kurma


Buah yang berasal dari timur tengah ini, selalu hadir di Bulan Ramadhan. Meskipun di hari biasanya Kurma juga bisa kita dapat di toko oleh-oleh khas Arab, tapi di Bulan Ramadhan kita bisa dengan mudahnya menemui buah manis yang satu ini di toko-toko waralaba terdekat maupun di setiap acara buka bersama. Karena, memakan buah kurma saat berbuka puasa merupakan sunah Nabi Muhammad SAW bagi umat muslim.

2. Kolak


Menu dessert manis yang terbuat dari pisang dan ubi jalar yang direbus dengan kuah santan satu ini memang yang paling khas selama ramadhan. Karena hampir setiap kali ramadhan hampir pasti setidaknya satu kali dalam sebulan ada menu kolak di meja makanmu saat berbuka puasa.

3. Es Timun Suri, Es Blewah dan Es Cincau


Entah mengapa ketiga es segar di atas selalu mengalami puncak kejayaannya di bulan Ramadhan, apalagi Timun Suri dan Blewah, dua buah itu rasanya sangat jarang kita temui selain di bulan Ramadhan. Dan sebaliknya setiap kali Bulan Ramadhan, kita bisa menemui penjual buah dadakan di sepanjang jalan yang menjajakan dua buah khas Ramadhan tersebut. Entah hanya dicampir sirup dan susu kental manis, atau ditambah potongan agar-agar dan buah lainnya, baik buah timun suri, blewah dan cincau memang begitu segar dan nikmat disantap untuk berbuka puasa.

Selamat menjalani ibadah puasa bulan ramadhan ini, semoga amal ibadah kita diterima disisi ALLAH SWT. Aaminn!!

(Hisan)