oleh

Wisata Favorit di Jakarta

Tempat-tempat wisata yang menarik berlokasi di wilayah DKI Jakarta yang bagus untuk Anda kunjungi, salah satunya wisata museum yang berjumlah sedikitnya ada lebih dari 30 tempat yang masing-masing memiliki keistimewaannya tersendiri.

Masing-masing museum juga memiliki tema berbeda-beda, mulai dari museum sejarah hingga kedokteran semua bisa ditemukan di ibukota.

Nahh! Untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan itu, ini terdapat rekomendasi 3 tempat museum yang menarik dikunjungi:

1. Museum Perumusan Naskah Proklamasi.


Ketika menjelajah museum ini, Anda bisa sambil mendengarkan cerita lengkap mengenai sejarah kemerdekaan Indonesia, termasuk perihal pengetikan naskah Proklamasi.

Gedung luas tanah 3.914 meter persegi dan luas bangunan 1.138 meter persegi itu pertama kali didirikan pada tahun 1920 dengan gaya arsitektur Eropa. Di dalamnya terdapat ruangan, mebel kuno, dan aksesoris yang menggambarkan suasana serupa peristiwa perumusan naskah proklamasi.

Dulunya, museum ini merupakan kantor pemerintahan Belanda, tepatnya sebagai tempat keamanan. Maka tidak mengherankan jika bangunannya tampak begitu unik. Bahkan ada juga jalan tembusan yang digunakan sebagai jalur khusus, tetapi sudah ditutup tanpa diketahui alasan yang jelas. Untuk waktu pelayanan kunjungan setiap Selasa-Jumat pukul 09.00-15.00 WIB.

Lokasi: Jl. Imam Bonjol No.1, RT.9/RW.4, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat

2. Museum Kebangkitan Nasional


Museum ini adalah sebuah gedung yang dibangun sebagai monumen tempat lahir dan berkembangnya kesadaran nasional dan juga ditemukannya organisasi pergerakan modern pertama kali dengan nama Boedi Oetomo. Sebelum menjadi museum bangunan ini dahulunya adalah sekolah kedokteran yang didirikan oleh Belanda dengan nama School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) atau Sekolah Dokter Bumiputera. Dalam perjalanannya, gedung tersebut selalu beralih fungsi.

Maka tidak mengherankan jika museum ini selalu ramai dikunjungi dan menjadi pilihan siswa siswi ketika tour sekolah. Untuk waktu pelayanan kunjungan setiap Selasa-Jumat pukul 09.00-15.00 WIB.

Lokasi: Jl. Dr. Abdul Rahman Saleh No.26, RT.4/RW.5, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat.

3. Museum di Tengah Kebun

Museum di Tengah Kebun adalah sebuah museum penyimpanan ± 4.000 koleksi seni dan sejarah Indonesia dan luar negeri yang berlokasi di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Museum ini dibangun di tengah kebun seluas 3.500 m2. Museum ini dimiliki secara pribadi oleh Sjahrial Djalil, salah satu tokoh periklanan modern Indonesia dan pendiri biro iklan Ad Force Inc. Pada tahun 2013, museum ini terpilih sebagai Museum Swasta Terbaik di Museum Awards dengan koleksi dari 63 negara dan 26 provinsi di Indonesia.

Hal yang membuat museum ini berbeda dari museum lainnya adalah penataan sebanyak 2.414 koleksi yang dipamerkan kepada pengunjung diletakkan tidak beraturan di berbagai sudut ruangan, seperti lantai, tangah taman, toilet, dinding luar rumah, dan lain sebagainya. Untuk waktu pelayanan kunjungan hanya setiap Sabtu-Minggu pukul 09.30-14.30 WIB.

Lokasi: Jl. Kemang Timur No.66, RT.7/RW.3, Bangka, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan.

Demikianlah beberapa tempat museum di atas bagi Anda yang ingin mengunjunginya, dalam situasi pandemi ini, harap tetap patuh terhadap protokol kesehatan demi mencegah penyabaran Covid-19. Terima kasih! Selamat menikmati.

(Hisan).