oleh

Masjid Menarik di Jakarta

Jakarta- DKI Jakarta terdapat banyak masjid megah yang menarik untuk Anda dikunjungi, salah satunya masjid berbentuk perahu.

Masjid ini berdiri pada 1963 yang diberi nama Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman ini terletak di antara gedung-gedung tinggi Jalan Casablanca, Jakarta Selatan.

Bentuk perahu merupakan ide KH Abdurrahman Massud yang terinspirasi dari kisah Nabi Nuh, yaitu cerita tentang selamatnya umat nabi saat banjir dengan menumpang perahu buatan Nabi Nuh itu.

Perahu yang menjadi ikon dari masjid ini digunakan sebagai tempat berwudu dan ada kamar mandi pula. Selain itu, di bagian atas perahu biasa dipakai untuk rapat para pengurus.

Serta ada terpampangnya Alquran berukuran 2×1 meter di teras belakang masjid. Alquran raksasa yang ditulis oleh H Amir Hamzah pun dikelilingi oleh akik yang berwarna-warni.

Dengan ukurannya yang besar, Alquran hanya berfungsi sebagai pajangan saja. Jika ada wisatawan yang berkunjung dan ingin melihatnya penjaga akan membuka Alquran tersebut.

Antara lain, masjid ini pun menyimpan emas sebesar satu kilogram yang terletak di atap masjid berbentuk kerucut tersebut.

Selain sebagai tempat untuk beribadah, masjid ini pun menjalankan kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pengembangan pengetahuan agama Islam, mulai dari TPA, pengajian dan zikir bersama. (Hisan)