oleh

Hujan Deras dan Angin Kencang Tumbangkan Pohon Besar Di Jalan Juanda

siaranjabodetabek.com, Depok – Hujan deras dan angin cukup kencang sangat ekstrim, akibatnya, pohon tumbang terjadi di Jalan Juanda Kecamatan Sukmajaya Kota Depok, tepatnya di depan Indomaret Juanda, Depok sore tadi, sekitar pukul 16.00. WIB, Sabtu, (22/5/2021).

Akibatnya arus kendaraan dari Jalan Margonda menuju Jalan Raya Bogor atau pintu masuk Tol Cijago mengalami kemacetan. Sebab pohon yang tumbang menutup sebagian ruas jalan di dua arah jalur.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, ketika di konfirmasi menuturkan, pohon yang tumbang berada di separator pemisah jalur di Jalan Juanda dekat POM Bensin Juanda dan di depan setu pengarengan pohon besar tumbang.

“Pohonnya sudah cukup tua. Jadi tumbang dan setengah jalan arah ke pintu tol tertutup, pohon tumbang itu menimpa kabel dan 2 unit mobil yang sedang di parkir,” kata Deny.

Tim gabungan dari Satgas Tanggap Bencana PUPR, Damkar dan Penyelamatan, DLHK Kota Depok dan Polresta Depok langsung melakukan penanganan di lokasi kejadian.

Tak lama petugas Satlantas Polresta Depok datang mengatur lalin dan berupaya mengevakuasi batang pohon yang tumbang.

Deny memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa, namun kemacetan sudah bisa di atasi.

“Kami langsung turunkan anggota dan melakukan pemotongan batang pohon agar mudah dievakuasi, dengan dibantu warga,” ucapnya.

Menurutnya akibat peristiwa ini memang sempat terjadi kemacetan parah kendaraan di arah dari Jalan Margonda menuju Jalan Raya Bogor atau pintu Tol Cijago.

“Evakuasi sudah selesai sekitar pukul 18.00 lebih tadi, dan kini kondisi sudah mulai lancar dan kondusif,” paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok R. Gandara Budiana menghimbau di musim penghujan akhir-akhir sangat ekstrim, agar masyarakat dan para pengguna jalan di Kota Depok di harapkan berhati-hati.

“Alhamdulillah sudah bisa teratasi, sebab tim dari DLHK, PUPR, Damkar dan PLN, cepat mengevakuasi kejadian pohon yang tumbang,” tutur Gandara. (adi).