oleh

“Heboh” Biawak Nyemplung Sumur, Warga Bojongsari Minta Evakuasi Damkar dan Penyelamatan

siaranjabodetabek.com, Bojongsari – Dinas Damkar dan Penyelamatan UPT Bojongsari menerima laporan warga Gang Pusara Rt.02 Rw.05 Kelurahan Bojongsari Lama Kecamatan Bojongsari Kota Depok yang resah karena adanya biawak yang masuk dan terjebak di dalam sumur rumah Bu Enih sedalam 7 meter.

Kepala UPT Disdamkar dan Penyelamatan Bojongsari mengatakan, setelah menerima Laporan dari pemilik sumur, sekitar pukul 11.50 Wib, mengirim 5 personel rescue yang terlatih dalam penyelamatan dengan panjat memanjat serta mampu mengatasi binatang buas.

“Kami terima laporan ada binatang Biawak masuk kedalam sumur, tim kami tiba pukul 11.53 Wib, dan berhasil di amankan,” kata Munadi kepada media online ini, Kamis (27/5/20219).

Menurutnya masuknya biawak berukuran panjang 1 meter ke dalam sumur membuat air keruh, warga penghuni rumah yakni keluarga Enih, resah dan takut.

“Bu Enih datang ke kantor minta biawak di evaluasi. Akhirnya biawak berhasil kami evakuasi,” ujar Munadi.

Sementara itu Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok R. Gandara Budiana mengatakan, Selama ini tugas Damkar dan Penyelamatan tidak hanya mengatasi kebakaran dan mengurusi evakuasi korban bencana alam, ataupun penyelamatan warga yang keselamatannya terancam.

“Ternyata juga mengurusi mulai dari menindaklanjuti keresahan warga atas adanya gangguan binatang atau hama, serta menolong atau mengevakuasi binatang peliharaan warga yang dianggap terancam keselamatannya,” ucap Gandara.

Hal ini sesuai dengan berubahnya nama dinas ini sejak awal 2017 lalu, menjadi Dinas Damkar dan Penyelamatan, dari yang sebelumnya hanya Dinas Damkar saja.

Beberapa pekan sebelumnya, tambah Gandara, pihaknya juga menerima permintaan bantuan dari warga, karena ada anak kucing peliharaan mereka, yang terjebak dan terjepit di pipa saluran pembuangan air.

Selain itu lanjut Gandara adanya cuaca ekstrem, akibatnya banyak pohon tumbang, dan juga bencana longsor. Mereka dituntut mampu melakukan pertolongan dan bentuk bantuan lainnya ke warga selain mengatasi dan memadamkan kebakaran.

“Petugas kami juga berhasil menyelamatkan anak kucing yang sudah terjepit dan terjebak di pipa air warga itu selama berjam-jam, tanpa terluka sedikitpun,” pungkas Gandara. (adi).