oleh

Lolos Seleksi Administrasi, Hari Ini 8 Calon Sekda Kota Depok Ikuti Tahapan Uji Kompetensi

siaranjabodetabek.com, Depok – Pendaftaran calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok ditutup pada 24 Mei 2021 lalu, untuk mengisi Kursi jabatan Sekda yang kosong.

Kini Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melanjutkan proses pemilihan calon Sekda tersebut ke tahap berikutnya.

Pemerintah Kota Depok pada Senin (31/5/2021), Walikota Depok mengeluarkan surat keputusan Nomor 800/008-PST/BKPSDM/2021 tentang hasil seleksi administrasi pengisian jabatan tinggi pratama Sekda Kota Depok tahun 2021.

Hasil seleksi administrasi diputuskan ada delapan orang yang lolos seleksi yakni Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) Dudi Mi’raz, Sekretaris DPRD Depok Kania Parwanti, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Manto, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Nina Suzana.

Kemudian, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sidik Mulyono, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Siti Chaerijah Aurijah, Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Supian Suri, dan yang terakhir Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Wijayanto.

Untuk proses selanjutnya, kedelapan calon tersebut akan melalui seleksi berikutnya yaitu seleksi uji kompetensi dan pemeriksaan kesehatan serta tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI)-2.

Untuk uji kompetensi akan digelar pada 2 Juni 2021 di Aula Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda). Kemudian tes kesehatan dan MMPI-2 dilaksanakan 7 Juni di RSUD Kota Depok.

Sebelumnya Asisten Hukum dan Sosial, yang saat ini merangkap menjabat Pj. Sekda Pemerintah Kota Depok Sri Utomo mengatakan, pendaftaran dilakukan secara online melalui email pansel_bkpsdm@depok.go.id dan ditutup tertanggal 24 Mei 2021 pukul 24.00 WIB.

“Pendaftaran calon Sekda Kota Depok 2021 sudah ditutup,” ujar Sri Utomo saat di konfirmasi, Senin (31/5/2021), di ruang kerjanya.

Sesuai dengan persyaratan, calon Sekda haruslah pejabat yang duduk di kursi eselon dua dan aktif di Pemerintahan Kota Depok hingga saat ini.

Setelah pendaftaran, nantinya para peserta akan melalui proses seleksi administrasi yang dilakukan oleh panitia seleksi (pansel) yang terdiri dari lima orang.

“Sekarang sedang proses seleksi administrasi, nanti 31 Mei 2021 akan diumumkan siapa-siapa yang lulus administrasi,” paparnya.

Pemerintah Kota Depok mengeluarkan sejumlah persyaratan dalam mencari calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok menggantikan drg. Hardiono yang telah pensiun sejak Februari lalu yang kemudian digantikan oleh pejabat sementara Sri Utomo.

Persyaratan tersebut tertuang dalam surat Nomor: 800/003-PST/BKPSDM/V/2021 tentang seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama Sekda Kota Depok tahun 2021.

Sejumlah syarat bagi mereka yang ingin mengikuti lelang jabatan Sekda, diantaranya berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Tingkat 1 Golongan/Ruang IV/b, diutamakan memiliki pangkat Pembina Utama Muda Golongan/Ruangan IV/c.

Sedang atau pernah menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II.b) atau Jabatan Fungsional Madya sekurang-kurangnya dua tahun, berusia paling tinggi 56 tahun pada tanggal 1 Agustus 2021.

Kualifikasi pendidikan minimal S1/D-IV, diutamakan pendidikan S2 dari program studi berakreditasi minimal B, telah mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat II atau Diklat jabatan fungsional yang setara.

Semua unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam dua tahun terakhir.

Selanjutnya, memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik. Bagi pelamar yang berasal dari luar Kota Depok ditandatangi oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau Pejabat yang Berwenang (PyB), sedangkan yang dari Kota Depok ditandatangani oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Kemudian, tidak sedang dan/atau tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang maupun berat dalam waktu tiga tahun terakhir yang ditandatangani oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang bertanggung jawab di bidang kepegawaian, serta sehat jasmani dan rohani.

Jadwal seleksi
Sedangkan jadwal seleksi yaitu, pengumuman pendaftaran 7-24 Mei 2021, pendaftaran dan penerimaan berkas 8-24 Mei, seleksi administrasi 25-28 Mei, pengumuman seleksi administrasi 31 Mei.

Lalu uji kompetensi 2 Juni, pemeriksaan kesehatan dan MMPI- 27 Juni, pengumuman uji kompetensi 15 Juni, penulisan makalah 16 Juni, wawancara 21 Juni, dan pengumuman akhir pada 23 Juni. (adi).