oleh

Hijaukan Taman TP. PKK Kelurahan Beji, Lurah Bangun Taman Lebih Asri dan Indah

siaranjabodetabek.com, Beji – Program Kelurahan Beji menghijaukan Halaman Kantornya dengan cara membudidayakan tanaman toga akan terwujud, pasalnya di masa pandemi covid-19, lurah mulai membuat tanaman bersama Forum Komunikasi Persahabatan (FKP) Kota Depok.
Sabtu, (5/6/2021).

Seperti yang dilakukan di Taman Toga yang terletak di Jalan Raya Beji Kelurahan Beji Kota Depok, terlihat indah Hatinya PKK Kelurahan Beji di percantik lagi.

Puluhan jenis tanaman toga, sayuran dan buah-buahan akan di bangun berderet rapi di lahan fasilitas Kelurahan.

Lurah Beji Untung Setio kepada wartawan mengatakan, yang akan di tanam mulai dari jahe, kunyit, temulawak, empon-empon, cabe, tomat lainnya yang akan tumbuh subur di Taman ini.

Begitu juga kata Untung, dengan sayur mayur seperti brokoli, kol, tomat, terong, bayam brazil sayur putih, selada dan beragam sayuran lainnya.

Untung menuturkan, penggiat Taman Toga lahan seluas dikantor Kelurahan 3×3 meter persegi. Diawali tim TP PKK Kelurahan Beji, dengan motonya “Hatinya PKK”.
“Arti Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman, kemudian taman di sini kami rawat bersama TP. PKK, Dana yang digunakan untuk merawat hasil dari urunan PKK juga,” ucap Untung di kantornya hari ini Sabtu, (5/6/2021).

Sejak adanya tanaman toga tersebut, Untung Setio bersyukur, karena memiliki manfaat penting saat pandemi Covid-19 ini.

Meski demikian, Untung masih ingin memperbaiki taman Toga TP.PKK semakin indah lagi.

“Taman di lahan fasilitas umum ini telah banyak menghasilkan sayuran dan tanaman herbal,” ujarnya.

Sejauh ini tim PKK tingkat kelurahan telah menggerakan para ibu untuk produktif membuat tanaman sayur atau herbal.

Nantinya, saya berharap Produknya selain bisa juga menjadi minuman herbal menjadi konsumsi para ASN Kelurahan,” ujarnya.

Ayo Manfaatkan Lahan-lahan Kosong

Lurah menghimbau warga Beji, program yang digagas sebelum pandemi Covid-19, masyarakat agar mulai rajin mengkonsumsi tanaman herbal yang sudah diolah, gemar membudidayakan tanaman toga.

Hal tersebut menurutnya, dapat meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh. Terutama di masa pandemi sekarang ini.

“Kami juga mengimbau agar turut menanam tanaman toga. Seperti yang ada di wilayahnya,” ucapnya.

“Di setiap Rt dan Rw kan pasti ada lahan-lahan kosong. Itu yang bisa dimanfaatkan untuk ditanami. Karena manfaatnya itu yang cukup banyak sekali. Jadi harus kita budidayakan bersama,” pungkasnya. (adi).