oleh

Lomba Pasanggiri Tingkat SD se-Kecamatan Beji Secara Virtual Mengenalkan Budaya Sunda

siaranjabodetabek.com, Beji – Meskipun masa pandemi covid-19 di Kota Depok belum berakhir, namun tidak menghilangkan semangat para peserta lomba pasanggiri tingkat SD se-Kecamatan Beji Kota Depok.

Tercatat ada 854 siswa SD yang mengikuti perlombaan, dengan mekanisme virtual atau melalui Youtube.

“Meski masa pandemi tidak menghilangkan semangat anak-anak SD, ikuti lomba, pesertanya siswa kelas 3, 4, dan 5, siswa membuat video yang diunggah melalui Youtube dan linknya diberikan kepada panitia,” kata Ketua Panitia Pasanggiri, Engkoy Rukoyah, Jumat (4/6/2021) di SDN Beji Timur 2 Kelurahan Beji Timur Kecamatan Beji.

Engkoy mengatakan, total ada 854 peserta yang ikut dalam lomba Pasanggiri kali ini, rinciannya 249 peserta kawih, 148 peserta pupuh, 119 peserta biantara, 242 peserta maca sajak, dan 96 peserta ngadongeng.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, Pasanggiri tingkat kecamatan ini merupakan penyeleksian awal, yang nantinya akan dilanjutkan ke tingkat Kota. “Nantinya juara pertama dan kedua yang akan menjadi wakil kecamatan untuk berlomba di Pasanggiri tingkat Kota Depok,” jelasnya.

Para peserta atau siswa yang mengikuti lomba Pasanggiri adalah siswa kelas 3, 4, dan 5 saja. Dengan mekanisme lomba digelar secara virtual, dimana siswa membuat video yang diunggah melalui Youtube dan link Youtubenya diberikan kepada panitia.

“Jadi mereka upload di Youtube, namun non public. Jadi yang bisa melihat hanya peserta itu sendiri dan kami panitia,” tambahnya.

Engkoy juga menjelaskan, ada sebanyak 15 juri dalam perlombaan pada kali ini, yang memang kompeten di dalam bidangnya. Sementara panitia perlombaan Pasanggiri ada sebanyak 16 orang. “Jadi, totalnya ada 31 orang untuk panitia dan juga juri,” sambungnya.

Engkoy berharap, dengan adanya lomba Pasanggiri bisa meningkatkan budaya Sunda di kalangan siswa, khususnya siswa SD. “Melestarikan budaya Sunda, ada di mata pelajaran kami,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mohammad Thamrin mengatakan, kegiatan lomba Pasanggiri sangat baik dalam mengembangkan bakat dan minat siswa, khususnya dibidang seni dan budaya Sunda.

“Karena Depok merupakan bagian dari Jawa Barat, maka Disdik berkewajiban untuk memberikan pendidikan serta pengenalan seni budaya Sunda. Bahkan, siswa pun sangat antusias sekali dalam mengikutinya,” pungkasnya. (adi).