oleh

Kembali Disdamkar dan Penyelamatan Kota Depok Evakuasi Biawak Masuk Rumah di Cisalak

siaranjabodetabek.com, Sukmajaya – Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok kembali menerima laporan warga Cisalak yang resah karena adanya biawak yang masuk kerumah milik pak Yanuar, Minggu (6/6/2021), sore tadi.

Laporan diterima dari Yanuar pemilik rumah di jalan Palem XI Blok F7 No. 18. Rt.04 Rw.012 Kelurahan Cisalak Kecamatan Sukmajaya Kota Depok.

“Sekitar pukul 17.00 kami terima laporan ada binatang Biawak masuk kedalam rumah,” kata komandan regu saat itu Erwin, Minggu sore (6/6/2021).

Menurutnya Erwin, masuknya biawak ke dalam rumah membuat penghuni rumah yakni keluarga Yanuar resah dan takut.

“Karenanya melapor dan meminta bantuan kami. Akhirnya biawak berhasil kami evakuasi,” ucap Erwin.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok R. Gandara Budiana mengatakan, kejadian masuknya biawak membuat akhir-akhir ini sangat meresahkan warga, namun tim rescue yang terlatih dalam penyelamatan dengan panjat memanjat serta mampu mengatasi binatang buas.

“Kami kirim 1 UNIT 1000L, 3 personel terlatih, dan berikut peralatan yang memadai,” ujar Gandara, Minggu sore (6/6/2021).

Gandara menuturkan, biawak panjang 60 Cm ini, petugas tidak butuh waktu lama untuk dapat mengeluarkan biawak dari rumah pak Yanuar.

“Kami tidak butuh waktu lama untuk evakuasi biawak. Mulai tiba dari pukul 17.00 sampai pukul 17.22 sudah selesai dievakuasi,” kata Gandara.

Diakui Gandara Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok tidak hanya menangani kasus kebakaran dan bencana alam saja, tapi juga membantu mengatasi keresahan warga terkait gangguan binatang atau hama.

Beberapa pekan sebelumnya, kata Gandara, pihaknya juga menerima permintaan bantuan dari warga, sama seperti saat ini ada biawak.

“Petugas kami juga berhasil menyelamatkan biawak di rumah warga tanpa terluka sedikitpun,” ujarnya.

Menurut Gandara, personel Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, mereka dituntut mampu melakukan pertolongan dan bentuk bantuan lainnya ke warga selain mengatasi dan memadamkan kebakaran. (adi).