oleh

Lurah RJL, Hasil Rakor Gugus Tugas Layak Anak Rangakapan Jaya Harus Segera Eksis Ke Masyarakat

siaranjabodetabek.com, Rangakapan Jaya – Gugus Tugas Kelurahan Layak Anak bersama Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok menggelar rapat koordinasi Gugus Tugas Kelurahan Layak Anak, di Aula Kelurahan, Selasa (15/6/2021).

Ketua Gugus Tugas Kelurahan Layak Anak (GTKLA) Kelurahan Rangkapan Jaya, Berliana maharani mengatakan, agenda kali ini rapat koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Kota Layak Anak untuk menguatkan program lebih peduli terhadap perkembangan anak-anak, merupakan upaya Rangakapan Jaya dalam mendukung Kota Depok sebagai KLA.

Berliana akan berkomitmen untuk mewujudkan Rangakapan Jaya menjadi Kelurahan Layak Anak. Untuk itu, diperlukan pemahaman masyarakat tentang program KLA, salah satunya RW Ramah Anak.

“Sebelumnya kami sudah memiliki RW Ramah Anak. Namun, untuk mewujudkan Kelurahan Layak Anak jumlahnya akan kami tambah dengan berkoordinasi dengan para RW,” tuturnya, usai kegiatan Rakor, Selasa (15/6/2021).

Sementara Lurah Rangakapan Jaya Lurah Rangkapanjaya Kharisma Eka Putra mengatakan, Rakor gugus tugas layak anak Rangkapan Jaya, ingin lebih konsen pada kebutuhan dan hak anak-anak di Rangkapan Jaya, supaya hak anak bisa terpenuhi.

“Iya bener anak harus punya hak seperti hak bermain, hak edukasi, dan kita akan terus kembangkan potensi anak-anak di Rangakapan Jaya ini,” ucapnya.

Kharisma menuturkan, kepengurusan Forum Anak Rangakapan Jaya sudah di regenerasi untuk periode 2021-2023 oleh Gugus Tugas Kelurahan Layak Anak. Dan pengurus yang telah purna menjadi kakak fasilitator. Forum Anak sebagai pelopor harus menjadi agen perubahan serta bersinergi dengan Pemerintah Kota Depok mengenai sosialisasi Akte dan KIA.

“Iya kami harapkan bisa lebih eksis lagi di masyarakat Rangakapan Jaya. Kemudian pelapor membantu menginformasikan ketika ada tidak terpenuhinya hak-hak anak membantu melaporkan ke pemerintah,” tukasnya.

“Mereka juga harus melakukan program Pelopor dan Pelapor (2P). Tugas mereka, bersinergi dengan GTKLA, membantu perwujudan kota layak anak khususnya di wilayah Rangkapanjaya,” pungkas Kharisma. (adi).