oleh

Kelurahan Kemiri Muka Bagikan Sembako dari Lumbung Pangan yang Isolasi Mandiri

siaranjabodetabek.com, Beji – Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji Kota Depok terus gencar melakukan ragam upaya dalam menekan penularan Covid-19 hingga ke lingkungan terkecil sekalipun dengan penyemprotan cairan disinfektan, sosialisasi protokol kesehatan, serta membatasi aktivitas warga.

Satgas Penanganan Covid-19 Kelurahan Kemiri Muka juga mendistribusikan bantuan kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman). Bantuan yang diberikan berupa sembako disiapkan sebanyak 100 paket.

Lurah kemiri muka Khaerul Adyan, ketika ditemui media online ini mengatakan, upaya tersebut diharapkan dapat mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 yang kini tengah mengalami lonjakan di sejumlah wilayah Kota Depok khususnya di Kecamatan Beji.

“Sejumlah wilayah sudah kami semprot disinfektan di wilayah RW RW 17,18,15 dan 4 untuk wilayah lainnya akan segera dilakukan,” kata Khaerul, yang biasa dipanggil H.Aceng, Kamis (1/07/2021), usai menyerahkan sembako di kantor Kelurahan.

Penyemprotan disinfektan di wilayahnya tersebut imbuh Aceng bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok.

Selain penyemprotan yang dilakukan petugas, warga tersebut juga diminta untuk melakukan penyemprotan mandiri jika diperlukan.

“Dalam melakukan sejumlah upaya ini, kami juga membutuhkan peran serta dari masyarakat,” tuturnya, yang di dampingi Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Kemiri Muka.

Selain penyemprotan disinfektan, sosialisasi tentang pentingnya protokol kesehatan juga turut disuarakan agar warga dapat terus waspada dalam beraktivitas sehari-hari.

“Jika kita sudah menerapkan protkes, InsyaAllah akan terhindar dari paparan virus Covid-19 ini,” jelas Aceng.

Kelurahan Kemiri Muka kata Aceng juga mengaktifkan lumbung pangan untuk membantu menyediakan bahan logistik bagi warga yang sedang melakukan isolasi mandiri.

“Bantuan paket sembako diserahkan melalui masing-masing ketua RT. Kemudian akan langsung diberikan kepada warga yang sedang melakukan isoman,” akunya.

Bantuan sembako yang diberikan terdiri dari beras, mi instan, minyak goreng, teh, dan gula pasir yang berasal dari lumbung pangan kelurahan.

“Seluruh sembako yang tersedia di lumbung pangan berasal dari warga yang peduli terhadap warga yang lainnya,” ujar Aceng.

Sementara itu, Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kelurahan Kemiri Muka Friansyah menuturkan, sebagai bentuk upaya maksimal, Satgas Covid-19 memberikan ratusan masker, cairan disinfektan, dan hand sanitizer kepada warganya.

“Kami memperketat penerapan protokol kesehatan (protkes) di wilayahnya. Jadi setiap warga luar yang berkunjung diwajibkan mengenakan masker, mencuci tangan, dan mengecek suhu tubuh.

“Lumbung pangan kelurahan di dapat dari hasil swadaya warga Kelurahan Kemiri Muka yang peduli,” tutur Friansyah.

Dengan adanya bantuan ini, dirinya berharap dapat menekan penyebaran Covid-19 di lingkungan RW RW 17,18,15 dan 4 kelurahan Kemiri Muka.

“Saya juga terus mengingatkan kepada warga supaya terus menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas. Semoga pandemi ini segera berakhir,” ujarnya.

Lurah Khaerul Adyan menambahkan, pihaknya bersama unsur tiga pilar juga kembali melakukan sosialisasi terakit protokol kesahatan melalui 5M dan 2I yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabung di air mengalir, menghindari kerumunan, mengurangi mobilisasi dan interaksi, serta menjaga iman dan imun.

“Kami berupaya memberikan pemahaman kepada warga lebih baik di rumah saja, jika tidak memiliki keperluan yang mendesak dan mengurangi kegiatan yang tidak diperlukan agar tidak terpapar virus ini,” pungkasnya. (adi).