oleh

Bagi Pengguna iPhone Hindari Jaringan Wi-Fi Simbol ‘%’

Siaranjabodetabek.com- Seorang peneliti keamanan Carl Schou telah menemukan bahwa jaringan Wi-Fi tertentu dengan simbol persen (%) dapat menonaktifkan Wi-Fi di iPhone dan perangkat iOS lainnya.

Melansir dari the verge, Schou dalam tweeted bahwa jika iPhone berada dalam jangkauan jaringan bernama ‘%secretclub%power’, perangkat tidak akan dapat menggunakan Wi-Fi atau fitur terkait, dan bahkan setelah mengatur ulang pengaturan jaringan, ‘bug’ dapat terus membuat Wi-Fi -Fi pada perangkat tidak dapat digunakan.

Sebelumnya, Schou bersama timnya bernama Secret Club, yang merekayasa balik perangkat lunak untuk tujuan penelitian, menemukan bahwa jika iPhone terhubung ke jaringan dengan nama SSiD ‘%p%s%s%s%s %n’ akan menyebabkan ‘bug’ di tumpukan jaringan iOS yang akan menonaktifkan Wi-Fi-nya, dan fitur jaringan sistem seperti AirDrop akan menjadi tidak dapat digunakan.

Dalam penjelasan terkait itu, sintaks (character ‘%’) umumnya digunakan dalam bahasa pemrograman untuk memformat variabel menjadi string keluaran.

Dalam bahasa pemrograman C#, simbol ‘%n’ berarti menyimpan jumlah karakter yang ditulis ke dalam string format ke variabel yang diteruskan ke fungsi format string.

Subsistem Wi-Fi mungkin meneruskan nama jaringan Wi-Fi (SSID) yang tidak dibersihkan ke beberapa perpustakaan internal yang melakukan pemformatan string, yang pada gilirannya menyebabkan penulisan memori dan buffer overflow yang berubah-ubah.

Ini akan menyebabkan kerusakan memori dan pengawas iOS akan mematikan prosesnya, sehingga secara efektif menonaktifkan Wi-Fi bagi pengguna.

Dengan hal itu, lebih baik Anda menghindari jaringan Wi-Fi yang mengandung simbol persen. (Hm)