oleh

Tokoh Kota Depok Nilai SS Pantas Duduki Jabatan Sekda

siaranjabodetabek.com, Depok – Calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, bermunculan ditengah masyarakat. Sejak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok mengumumkan pembukaan pendaftaran seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama sekretaris daerah Kota Depok tahun 2021,

Nama-nama pejabat eselon dua di Pemerintah Kota Depok itu sudah tidak asing lagi di masyarakat Depok. Sepak terjang mereka sudah tidak diragukan lagi, apalagi berbicara tentang skill dan pengalaman dibidang ilmu Pemerintahan tingkat Kota Depok, mereka adalah “suhu” nya.

Saat ini sudah muncul tiga nama. Mereka adalah Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) Dudi Miraz, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Supian Suri. Kemudian, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Wijayanto.

Tetapi, yang menjadi pertanyaan adalah, Sekda seperti apakah yang dibutuhkan oleh Walikota Depok Muhammad Idris untuk mengamankan program dan RPJMD Depok hingga 2024?

“Walikota Depok KH. Muhammad Idris butuh Sekda yang loyal, berdedikasi, tegas dan berani, itu ada di Supian Suri,” kata Tokoh masyarakat yang memang sudah di kenal M. Kanta, kepada media online ini kemaren.

Menurut Kanta, seorang Sekda tidak hanya dituntut mampu berkomunikasi dengan Walikota dan wakilnya saja. Dia harus mampu menjembatani kebuntuan politik Walikota di DPRD disaat yang sama Sekda juga harus luwes kepada ASN agar eksekusi program Walikota berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Banyak pendapat yang menyuarakan Dia adalah Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Supian Suri sebagai pilihan tepat mengisi kekosongan Jabatan Sekda saat ini,” kata Kanta.

Sosok Supian Suri, lanjut Kanta, sejak Muhammad Idris menjabat sebagai Walikota Depok 2016, karir pria yang akrab disapa SS itu terus meningkat, pernah menjabat Sekcam, kemudian Kabid PBB dan BPTB. Tahun 2016 SS menjabat sebagai Kabag Pemerintahan pada Setda Kota Depok, lalu 2017 menjabat sebagai Kepala BKPSDM Kota Depok.

Supian Suri, dikenal piawai dalam mengamankan program WaliKota Depok Muhammad Idris. Bahkan disaat yang sama sebagai Kepala BKPSDM, Supian Suri pernah menjabat sebagai Plt Kepala Dinas PUPR Kota Depok tahun 2018, Plt Camat Cimanggis 2019, dan Plt Kepala DPMPTSP 2020 hingga saat ini.

Sementara itu, Tokoh masyarakat yang juga sebagai Ketua Kumpulan Orang-orang Depok (KOOD) Cimanggis H. Idin mengungkapkan, menjadi Sekda ini bukanlah tugas yang mudah, bisa saja semua tugas tersebut diatas SS sudah mempersiapkan itu untuk menjadi Sekda.

“Artinya peluang terbuka Sekda Depok 2021 bagi SS bukanlah suatu kebetulan,” ujarnya.

Sejauh ini imbuh Idin, SS dimata ASN Depok adalah sosok yang disegani atas ketegasan, komitmen dan keberaniannya. Khusus keberanian SS sudah tidak diragukan lagi.

“Yang kental ciri khas gaya Depoknya, ini malah menjadi daya tarik tersendiri bagi marayakat,” ucapnya.

Di tempat yang sama pengusaha Kota Depok H. Nofli menuturkan, disaat yang bersamaan SS sudah membuktikan dedikasi dan komitmennya sebagai abdi negara yang patut diperhitungkan menjadi Sekda.

Apalagi berbicara tentang penempatan dan promosi kepegawaian di lingkungan Pemkot Depok. dilakukannya sudah sesuai dengan prosedur dan ketentuan.

“Saya berharap Sekda nanti bisa menjembatani antara WaliKota dan Wakil Walikota Depok, DPRD, ASN dan masyarakat Kota Depok, saya yakin SS mampu,” pungkasnya. (adi).