oleh

Duser Bangun Kampung Budaya Damai Wisata, Angkat Seni Tradisional Betawi Depok

siaranjabodetabek.com, Bojongsari – Kelurahan Duren Seribu Kecamatan Bojongsari Kota Depok saat ini sedang membangun tugu atau Gapura selamat datang Kampung Budaya Betawi Depok “Damai Wisata dan Budaya. Pembangunan tersebut sebagai wujud keinginan warga Kelurahan Duren Seribu sebagai destinasi kampung budaya.

Tindak lanjut program kampung tematik, yang salah salah satunya adalah kampung damai wisata dan budaya di RW 04, nanti jika sudah siap semua akan di launching.

“Budaya lokal harus dipertahankan dan ditonjolkan, makanya dalam sebuah proses asimilisasi atau percampuran budaya bakal ada sebuah persaingan,” ujar Lurah Duser Suhendar, Rabu (14/7/2021) saat meninjau tugu selamat datang pembangunan Kampung Budaya Betawi Depok di kawasan RT 02/04 Kelurahan Duren Seribu.

Lebih dari itu, lanjut Suhendar, peran masyarakat dan seluruh stekholder kelurahan Duser harus dapat meningkatkan persaingan ini sehingga tidak dominan Budaya lain, namun Budaya Betawi Depok harus tetap ada.

“Depok juga dikenal sebagai Betawi Ora. Ketika Depok ingin dijadikan Kota yang berbudaya, banyak tarian budaya. Sekali lagi, dalam proses asimilasi budaya jangan sampai yang namanya budaya lokal keasliannya hilang,” tuturnya.

Dia menambahkan, makanya harus dikenalkan, mungkin masayarakat yang saat ini usianya sudah 50 tahun ke atas masih kenal sama budaya Depok, tapi anak-anak zaman sekarang harus dikenalkan budaya Depok.

Suhendar mengatakan, kampung budaya tersebut nantinya sebagai wadah budaya-budaya yang dilokalisasi di satu kampung. Nantinya Budaya mengangkat kesenian khas Depok, bahasa Depok, ornamen, rumah, kuliner, lenong, palang pintu, dan Silat jalan tujuh Pencak silat yang dimiliki Duser.

“Mulai dari kesenian hingga kulinernya nanti ada di kampung budaya ini, selain itu akan menjadi pusat edukasi budaya juga,” terang saat di dampingi Ketua RT02/04 kampung Damai Wisata dan Budaya Duser.

Konsep Budaya lanjut Suhendar, selain ada tugu nanti jalan masuk menuju rumah herbal setiap rumah akan dibangun rumah Kampung Budaya Betawi Depok.
“Target pembangunan bulan Agustus tahun ini akan selesai. InsyaAllah pak Walikota akan meresmikan gapura ini,” paparnya.

Langkah dana didapatkan bantuan dari Wahid Foundation dan swadaya masyarakat.
“InsyaAllah tahun ini gapura dan rumah budaya akan selesai, dana swadaya sudah mencapai Rp 50 juta,” papar Suhendar.

Dengan dibangunnya Kampung Budaya Betawi Ora di kawasan Duren Seribu. “InsyaAllah ini akan bermanfaat bagi masyarakat di Kelurahan Duren Seribu dan umumnya di wilayah Kecamatan Bojongsari,” pungkasnya. (adi).