oleh

Cegah Covid-19, Relawan Baraya Care Bantu Warga Nyemprot Disinfektan ke Kabupaten Semudang

siaranjabodetabek.com, Sumedang – Demi mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, Relawan Kemunusiaan Baraya Care Depok, Jawa Barat melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Kabupaten Semudang, bekerjasama dengan relawan Kota Depok. Pada Hari Jumat (16/7/2021), warga melakukan penyemprotan disinfektan dengan dibantu relawan.

Seperti misalnya di RT.09 RW.05 Komplek Perumahan Asabri sindang taman sari Desa Jatimulya Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten sumedang Jawa Barat.

“Empat relawan dari Baraya Care melakukan penyemprotan disinfektan di semua wilayah perumahan di Kabupaten Sumedang. Penyemprotan disinfektan sejak pukul 07.00 hingga selesai,” ucap Pembina Baraya Care Hartono, ketika ditemui media online ini, Sabtu (17/7/2021) di kantor yayasan Baraya Care Depok Timur Kota Depok.

Mengenakan pakaian kaos dan sepatu yang dilapis jas hujan plastik tembus pandang, mereka bergantian menggendong semprotan berisi cairan disinfektan tanpa mengenal lelah dan takut.

Masker yang dipakai terkadang dilepas karena kelelahan. Kacamata yang dipakai pelindung pun juga kacamata biasa.

“Kami kan relawan kemanusiaan, mau bantu warga. Kalau semua diam, penyakit merajalela,” ujarnya.

Menurut Hartono, Relawan kemanusiaan Baraya Care membantu masyarakat di mana saja mereka bergerak, hal ini sudah terbiasa melakukan perjalanan jauh untuk memberikan pelayanan penyemprotan disinfektan.

“Penyemprotan dilakukan di jalanan perumahan fasilitas umum seperti masjid, gereja hingga teras-carport maupun halaman luar setiap rumah,” paparnya.

Penyemprotan lanjut Hartono, atas permintaan warga di Sumedang, dan inisiatif warga. Setelah berkoordinasi dengan pengurus lingkungan.

“Jadi penyemprotan ini atas inisiatif dan kemauan warga. Kami khawatir virus Corona akan menyebar kemana-mana kalau tidak diberantas,” ujarnya.

Bersama dengan rekan-rekannya, Baraya Care, berkomitmen bahwa kegiatan ini tidak dipungut biaya sepeserpun.

“Penyemprotan ini gak dipungut biaya karena intinya ini kegiatan sosial. Tapi Alhamdulillah banyak warga yang minta bantuan ke Baraya Care,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Baraya Care Firdaus Anjun atau Breck AS, punya sedikit cerita, Breck pun tak menampik bahwa untuk mendapatkan alat-alat penunjang penyemprotan cairan disinfektan ini sangatlah sulit.

Beruntung, Baraya Care memiliki relasi dari teman-temannya untuk mendapatkan sejumlah barang tersebut.

Kesulitan itu pasti dan mahal harganya, tapi Alhamdulillah aku ada relasi buat nyarinya. Aku pun sudah coba cari sendiri dan kesusahan sampai akhir-akhir ini.

“Cairan disinfektan yang disemprotkan mengikuti anjuran dari Pemerintah terus koordinasi yang paham di bidangnya juga,” pungkasnya. (adi).