oleh

Sosok SS Putra Daerah, Masyarakat Nilai Tepat Jadi Sekda Kota Depok

siaranjabodetabek.com, Depok – Seleksi terbuka atau open bidding Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok sudah selesai dan kini tinggal menunggu pelatikan.
Dari satu nama kandidat calon Sekda Kota Depok yang sudah di tentukan oleh Walikota Depok, namun sebelumnya panitia seleksi (pansel) mengerucutkan menjadi tiga nama sudah direkomendasikan kepada Walikota Depok KH.Muhammad Idris.

Tak sedikit warga masyarakat Kota Depok menginginkan Sosok Supian Suri, panggilan akrabnya SS ini tepat menjadi sekda Depok.

Jejak karier SS sejak Muhammad Idris menjabat sebagai Walikota Depok 2016, karir pria yang akrab disapa SS itu terus meningkat, pernah menjabat Sekcam, kemudian Kabid PBB dan BPTB. Tahun 2016 SS menjabat sebagai Kabag Pemerintahan pada Setda Kota Depok, lalu 2017 menjabat sebagai Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok.

Hal ini yang menjadi ungkapan oleh Ust. Sait S.Pdi Sekretaris yayasan Miftahul Jannah (YMJ) ketua DKM Masjid Jamiataqwa Rangakapan Jaya Baru, menilai, calon sekda harus memiliki kompetensi manajerial, kepemimpinan, teknis, hingga birokrasi.

“Sosok Supian Suri sebagai pilihan tepat mengisi kekosongan Jabatan Sekda saat ini,” kata ustad Said, Senin (19/7/2021), saat di konfirmasi media online ini, di RW.02 Kelurahan Rangakapan Jaya Kecamatan Pancoran Mas.

“Integritas yang menurut hemat saya pasti Supian Suri menjadi prioritas, sebab kedekatan pimpinan terutama Walikota dan wakil perlu kerjasama yang solit,” ucapnya.

Said menyebut, seorang sekda harus jujur dan bersih tanpa intervensi. Bahkan, sekda harus mampu mengedepankan independensi. Apalagi SS panggilan akrabnya sebagai putra Daerah cukup mumpuni.

“Jabatan sekda tidak bisa dipermainkan secara politik karena jabatan eselon 2 sebagai amanah, maka integritas dan independensi sangat penting,” ungkap Ustad Said yang juga sebagai Sekretaris Yayasan Miftahul Jannah RJB.

Ditempat yang berbeda, Syafrudin ketua DKM Almutaqin dan pengurus YMJ, Rawa Denok RJB menuturkan, seorang calon Sekda harus memiliki jejaring yang luas dan dekat dengan masyarakat hingga tokoh-tokoh politik di daerahnya karena sekda juga dituntut mampu menerjemahkan visi misi Kepala Daerah sebagai pimpinannya.

“Seorang sekda juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Sekda harus mampu berkoordinasi dan bersinergi dengan pimpinan Daerah. Jadi, harus mampu berkomunikasi, baik dengan pihak eksekutif maupun legislatif,” jelasnya.

“Saya kira sekda yang mampu melayani dan mengayomi masyarakat sebagai bagian upaya mewujudkan visi dan misi kepala Daerah, itu ada di bapak Supian Suri,” katanya.

Hal yang sama juga di ungkapkan Ketua RW 08 Kel. RJB Zulkafi, kriteria umumnya dimiliki oleh Pak Supian Suri adalah putra Daerah. Pasalnya, putra Daerah tidak mungkin menghendaki namanya tercoreng di Daerahnya sendiri.

“Bagi saya, putra Daerah jadi nilai tambah karena dia tidak mungkin mau dirugikan jabatan dia untuk merusak Daerahnya sendiri. Meski tidak mutlak, itu naluri alamiah,” paparnya.

Sementara itu Ketua subuh gabungan RJB dan RJ, KH Dr.Ansori Jayadih M.Ag mengungkapkan, menjadi Sekda ini bukanlah tugas yang mudah, bisa saja semua tugas tersebut diatas SS sudah mempersiapkan itu untuk menjadi Sekda.

“Peluang terbuka SS menjadi Sekda Depok 2021 bagi SS bukanlah suatu kebetulan, tapi memang beliau asli putra Daerah,” ujar ust. Ansori yang saat ini menjabat Ketua DKM Masjid Al Hidayah pengurus MUI dan DMI ini.

Sejauh ini imbuh ustad Ansori, SS dimata ASN Depok adalah sosok yang humanis atas ketegasan, komitmen dan keberaniannya. Khusus keberanian SS sudah tidak diragukan lagi.

“SS itu orangnya kental ciri khas gaya Depoknya, ini malah menjadi daya tarik tersendiri bagi marayakat,” ucapnya.

Nasrudin Bendahara YMJ, tokoh masyarakat RW.12 RJB menuturkan, saat ini status putra Daerah oleh Masyarakat sangat dibtunggu. Di mana pun dia bertugas, calon sekda putra Daerah tetap memiliki nilai lebih. Sekda yang loyal terhadap pimpinan, berdedikasi, tegas dan berani, itu ada di Supian Suri.

“Saya berharap Sekda nanti bisa menjembatani antara Walikota dan Wakil Walikota Depok, DPRD, ASN dan masyarakat Kota Depok, saya yakin SS mampu tidak diragukan lagi,” pungkas H. Mahbudin tokoh masyarakat dan Ketua DKM Al Istiqomah. (adi).