oleh

Mendagri Tito Karnavian, Apresiasi Depok Cairkan Insentif Nakes dan Pemberlakuan PPKM Lanjutan

siaranjabodetabek.com, Depok – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), M. Tito Karnavian, lakukan kunjungan ke Depok sekaligus menggelar rapat koordinasi terkait penangan Covid-19 dengan Pemerintah Kota Depok di Gedung Balaikota Depok.

Mendagri disambut Walikota Depok, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok jajaran Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Tiba sekira pukul 15.00 WIB, Mendagri langsung menggelar rapat koordinasi terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga PPKM Level 4 di Kota Depok.

Sekira dua jam berlangsung, Mendagri Tito Karnavian pun keluar dan memberikan keterangan pers halaman kantor Balaikota Depok.

M.Tito Karnavian mengapresiasi upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang sudah mencairkan insentif untuk tenaga kesehatan (nakes), pada periode bulan November 2020 hingga Juni 2021.

“Saya Apresiasi setelah saya mendengar Pemkot Depok telah mencairkan 100 persen insentif bagi nakes hingga bulan Juni 2021,” tutur Tito Karnavian, dalam keterangan persnya di Balaikota Depok, Jumat (23/07/2021).

Tito pun meminta, kepada Kepala Daerah lainnya untuk melakukan upaya yang telah dilakukan Pemkot Depok ini, Mendagri sudah memberikan surat teguran kepada 19 gubernur terkait hal tersebut.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada gubernur yang langsung merespons mempercepat pencairan insentif bagi nakes,” ucapnya.

Menurutnya, ini merupakan kewajiban Pemerintah, sebab sudah diatur dan anggarannya juga sudah disediakan. Insentif ini imbuhnya, merupakan motivasi bagi nakes sebagai ujung tombak dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Walikota Depok, Mohammad Idris menambahkan, insentif nakes periode bulan November 2020 hingga Juni 2021 sudah semua dibayarkan sebanyak Rp 30 Miliar. Sedangkan, periode bulan Juli-Desember 2021 sekitar Rp 40 Miliar yang harus dibayarkan.
“Ini sudah komitmen kami,” ucap Idris.

Kemudian lanjut Idris, pihaknya dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Depok akan membuat kesepakatan bersama dan pendampingan dalam realisasi bansos.

Selain itu, Pemkot akan segera melakukan komunikasi kepada perusahaan yang ada di Depok agar menganggarkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk penyediaan bansos.

“Nanti akan ada pendataan ulang untuk masyarakat terdampak Covid-19. Semoga perusahaan merespons baik rencana ini,” pungkasnya. (adi).