oleh

TP PKK RW Paguyuban Krukut Peduli, Terus Bergerak Membantu Warga Krukut Isoman dan Terdampak Covid-19

siaranjabodetabek.com, Krukut – Sebagai bentuk solidaritas, Paguyuban Krukut Peduli memiliki kader-kader yang tangguh membantu kelancaran menyalurkan bantuan sosial, tak luput dari ikut andil ibu-ibu kader atau kader PKK RW setia mendampingi Bapak-bapak dari Paguyuban Krukut Peduli. Membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Lumbung pangan ini merupakan fasilitas yang disiapkan bagi warga yang menjalani isolasi mandiri dalam memeroleh makanan siap saji maupun bahan mentah berupa sembako.

Penyaluran lumbung pangan Paguyuban Krukut Peduli ini di komandoi ketua TP PKK RW 04 Kelurahan Krukut Farida Darif, dengan kadernya Bu Iis kader RW 4, Bu Sukaesih dan Bu Sulistina serta ibu-ibu kader RW se-Kelurahan Krukut.

“Dari lumbung ini para warga yang menjalani isolasi mandiri bisa memeroleh makanan siap saji maupun sembako. Penyalurannya kami dibantu ibu-ibu kader RW,” kata Ketua Paguyuban Krukut Peduli Darif Hindrian, Selasa (27/7/2021) di Kantor Sekretariat PKP.

Istri Ketua PKP Farida Darif, saat di konfirmasi mengatakan, selain lumbung pangan, pihaknya juga memiliki lahan yang ditanami aneka tanaman hidroponik, sayur mayur dan gizi.

“Dari lumbung pangan sembako, kami bisa menyuplai makanan bagi warga yang terpapar Covid-19, sekaligus yang bergizi,” ucap Farida.

Sementara itu menurut kader RW Bu Iis, sebelum memberikan bantuan warga yang Isoman terlebih dulu harus di data.
“Iya pak harus kita data dulu ada berapa warga yang lagi Isoman, sudah ketahuan berapa orang baru kita salurkan,” papar Iis yang saat itu dibdampingi kader yang lain Bu Sukaesih dan Bu Sulistina.

Untuk keamanan lingkungan lanjut Iis, saat ini semua akses keluar-masuk pemukiman, hanya ada satu akses yang dijaga oleh anggota karang taruna.

“Setiap warga yang masuk wajib mengenakan masker, mencuci tangan dan dicek suhu tubuhnya,” ungkapnya.

Farida Darif menambahkan, tidak hanya itu, sebagai upaya meminimalisir penyebaran Covid-19, wilayah RW 04 juga memiliki personel Satgas Covid-19 yang berasal dari pengurus RT, RW dan kader TP PKK.

“Satgas ini bertugas mengkampanyekan protokol kesehatan dengan cara berkeliling kampung sambil membagikan masker,” tandasnya.

Kegiatan yang lain menurut kader PKK RW, Sukaesih, menggelar vaksinasi bagi ibu-ibu, suntik balita dan Penyemprotan disinfektan di wilayah.
“Iya pak di RW dan RW di Kelurahan Krukut ini rutin penimbangan balita, senam bersama tiap Minggu, taman bermain dan taman belajar bagi anak-anak,” ujarnya.

“Kita juga selalu membantu bapak-bapaknya membagikan paket sembako ke warga Isoman dan warga yang terdampak covid-19,” pungkasnya. (adi).