oleh

Paguyuban Puterapetir Bersatu Bershodaqoh Raih Berkah, Tak Henti Berikan Bantuan Warga Isoman dan Terdampak

siaranjabodetabek.com, Pondok Petir – Paguyuban Putra Petir Bersatu, Rukun Warga (RW) 01 Kelurahan Pondok Petir sejak didirikan lumbung pangan yang diperuntukan Warga yang terdampak Covid-19 maupun warga Isolasi Mandiri (Isoman) merupakan arahan Lurah Pondok Petir Rizal Farhan. Dimaksudkan untuk membantu meringankan beban warga yang membutuhkan.

Ketua RW. 01 Pondok Petir (Pontir) Syamsudin, mengaku sejak berdirinya Paguyuban Putra Petir Bersatu, pihaknya membangun lumbung-lumbung pangan untuk membantu warga yang sedang menjalani isolasi mandiri maupun yang terpapar Covid-19.

“Kami terus bergerak sosialisasikan kepada masyarakat mewaspadai PPKM darurat bukan lagi bersifat persuasif, terus turun lapangan,” kata Ketua RW 01 Kelurahan Pondok Petir Syamsudin, kepada siaranjabodetabek.com, Senin (9/8/2021) dikantor Kelurahan Pontir.

Syamsudin yang biasa dipanggil Mandor mengatakan, pihaknya membangun lumbung-lumbung pangan melalui Paguyuban Putra Petir Bersatu (PPPB), untuk membantu warga yang sedang menjalani isolasi mandiri ataupun yang terpapar Covid-19.

“Mereka menjalani isolasi terbagi, ada yang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing, dan juga ada yang diisolasi di rumah sakit yang telah ditunjuk Pemkot sebagai tempat isolasi,”sebutnya.

Sebagai bentuk solidaritas, Paguyuban Putra Petir Bersatu, mengumpulkan donasi untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

“Awalnya lumbung Rw.01, bergerak sendiri dengan relawan Rw, memenuhi bahan pangan apa aja saya kumpulkan, langsung saya distribusikan. Untuk membantu kebutuhan elemen masyarakat warga kami yang membutuhkan bantuan,” kata Ketua PPPB Kelurahan Pondok Petir Syamsudin.

Syamsudin menjelaskan, bantuan yang diberikan masyarakat dan pengusaha berupa beras, mie instan, susu, sarden sudah mulai mengalir ke lumbung tersebut, dan nantinya akan diserahkan kepada masing-masing warga yang terdampak virus corona, di antaranya buruh harian lepas yang sekarang ini tidak kerja karena mereka harus berdiam diri di rumah, para janda, termasuk warga yang memiliki penghasilan terbatas.

“Alhamdulillah adanya lumbung yang kita dirikan sudah ada bantuan berupa beras dari warga, dan bantuan lainnya nanti akan menyusul, kemudian setelah lengkap kita bagikan kepada warga yang berhak,” ucap Syamsudin dengan panggilan sehari-harinya Bang Mandor.

Para penerima sembako untuk kebutuhan sehari-hari ini, lanjut Mandor, masih dalam pendataan, sebab warga Isoman sudah mulai menurun. Dalam waktu dekat ini dari lumbung pangan akan diserahkan kepada mereka yang berhak menerimanya.

“Jadi, bantuan ini tidak hanya dari elemen masyarakat, termasuk juga pengusaha yang peduli kepada sesama. Mereka berbuat sesuatu yang manfaat untuk sesama,” terangnya.

Terima kasih kami ucapkan kepada Lurah Pondok Petir, semua para donatur yang telah menyisihkan hartanya untuk saling membantu sesama, semoga kebaikannya dibalas oleh Allah SWT, makin barokah dan sehat selalu.. Aamiin.

Sementara itu Lurah Pondok Petir Rizal Farhan, mengapresiasi kepedulian Paguyuban Putra Pondok Petir Bersatu, saat ini bagi warga Kelurahan Pontir yang menjalani isoman sangat merasakan beban berat ekonomi, karena harus di rumah tanpa penghasilan.

“Ini momen kita untuk saling berbagi dan saling peduli dengan tetangga saudara dan kerabat. Yang memiliki kelebihan rezeki mari kita bantuan tetangga dan saudara kita yang lagi isoman dan kurang beruntung,” ungkapnya.

Rizal, menyampaikan terima kasih atas partisipasi Paguyuban Putra Pontir Bersatu yang peduli dengan lingkungannya.

“Karena sudah mau bekerja keras mengerahkan tenaga dan uangnya untuk membantu warga terdampak virus Corona di sekitarnya,” ujar Rizal.

Dengan adanya partisipasi serta kolaborasi dari Paguyuban maupun Kelurahan, yakin bahwa apa yang dicita-citakan seluruh masyarakat dapat terwujud.

“Yang harus kita lakukan saat ini adalah bagaimana melakukan percepatan maupun penanganan Covid-19. Dengan mulai bekerjanya wilayah dari tingkat terbawah RT/RW, saling bantu dan memaksimalkan potensi lingkungannya. Bukan tidak mungkin mewujudkan wilayah merdeka dari Covid-19 di Kelurahan pontir segera terwujud,” Pungkasnya. (adi).