oleh

Wakil Walikota Depok Luncurkan Mobil Swab Keliling, Warga Yang Mau Swab Gratis

siaranjabodetabek.com, Depok – Pemerintah Kota Depok kini memiliki mobil tes swab Covid-19 keliling. Mobil tersebut nantinya akan melayani masyarakat yang ingin melakukan tes dari rumah, secara gratis tidak dipungut biaya apapun.

Hari ini Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono (IHB) resmi meluncurkan sebelas (11) unit kendaraan keliling untuk membantu warga yang membutuhkan.

“Pelayanan tes swab keliling ada mobil dan sepeda motor, nanti keliling setiap Kecamatan, ini layanan gratis warga tidak dipunggut bayaran,” kata IBH, usai luncurkan mobil swab, didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok Novarita, Selasa (10/8/2021) di Halaman Kantor Walikota Depok.

Dengan adanya mobil tes keliling ini, Idris mengatakan, tracing dengan swab antigen ditargetkan pemeriksaannya menjadi 20 ribu per pekan, ini merupakan inovasi guna meningkatkan pelacakan (tracing) dalam penanganan Covid-19.

Adapun peluncuran mobil keliling Untuk mendapatkan layanan dengan mobil tes swab keliling, masyarakat dapat berkoordinasi dengan pihak RT-RW setempat yang kemudian dilanjutkan ke pengelola.

“Di setiap kendaraan ditempel nomor WhatsApp agar masyarakat dapat menghubungi petugas bila ingin dilayani untuk tes swab,” ucap Imam.

Pemerintah Lanjut Imam, terus menggencarkan upaya tracing melalui mobil Swab Tes Keliling. Nantinya, pemeriksaan Covid-19 ini bisa langsung door to door, tentunya dengan biaya terjangkau.

“Keberadaan kendaraan swab keliling berharap dapat dimanfaatkan warga Kota Depok yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan baik di gang, lapangan, balai RW, posyandu dan lainnya,” ujarnya

program ini diharapkan mampu meningkatkan pelacakan atau tracing dalam pengananan kasus Covid-19. Kota Depok pada per pekannnya memiliki pencapaian tracing sebesar 35 persen.

Sementara Kepala Dinkes Depok Novarita, menambahkan ke sebelas kendaraan swab keliling disebar di 11 Kecamatan. Pengurus RT atau RW bisa memfasilisasi mereka sehingga seluruh warga sekitar dapat dilakukan tes swab bersama.
“Ini untuk memudahkan pelayanan kesehatan ke masyarakat Depok,” tuturnya. (adi).