oleh

Polsek Sukmajaya Menyisir Warga yang belum Vaksin, Cisalak Bentuk Tim Pemburu Gerai Vaksin Merdeka

siaranjabodetabek.com, Sukmajaya – Polsek Sukmajaya Menyisir Warga yang belum Vaksin dengan membuka Gerai Vaksin Merdeka, gencar mengadakan vaksinasi Covid-19 massal untuk masyarakat di lingkungan kerjanya. Kali ini Gerai vaksinasi Merdeka dilakukan di wilayah RW 02 Kelurahan Cisalak
Vaksin” dengan menjemput warga yang belum melakukan vaksinasi Covid-19.

Bersama tiga pilar, Kelurahan Cisalak, Babinkamtibnas, LPM juga dibantu oleh Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Cisalak serta Pengurus RW setempat beserta Karang Taruna RW 02, kegiatan vaksin ini berlangsung lancar, aman dan tertib.

Tim ini akan mendatangi warga ke rumahnya dan dibawa ke sentra vaksinasi yang telah disiapkan. Vaksinasi disiapkan sebanyak 200 orang, sedangkan jenis vaksin yang diberikan adalah Astrazeneca.

Kapolsek Sukmajaya Ajun Komisaris Polisi (AKP) Syafri Wasdar mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19, dengan vaksinasi akan menumbuhkan herd immunity atau kekebalan kelompok, sehingga masyarakat semakin produktif meski dalam masa pandemi.

“Kami bersama tiga pilar menyisir warga yang belum mendapatkan suntik vaksin karena biasanya warga cukup antusias kalo vaksin dilakukan dekat dengan lokasi, langsung door to door ke permukiman warga di Cisalak,” ucap Safri, Rabu (18/8/2021), saat didampingi Camat Sukmajaya Tito Ahmad Riyadi.

Safri berharap pada Hari Kemerdekaan RI ke-76 ini, diharapkan mayoritas warga sudah tervaksin sehingga terbentuk herd immunity atau kekebalan komunal.

Camat Sukmajaya Tito Ahmad Riyadi menambahkan, bahwa di wilayah Kelurahan Cisalak cakupan vaksinasinya cukup baik. Ini disebabkan timnya di tingkat RW dan RT, produktif meski dalam masa pandemi Covid-19.

“Oleh karena itu kita mengajak secara door to door. Kita datangi satu per satu. Kalau perlu kita jemput pakai kendaraan operasional, nanti selesai vaksin kita antar lagi ke rumah,” tandas Tito.

Lurah Cisalak Wiyana

Sementara Lurah Cisalak Wiyana mengatakan, bersama Polri dalam hal ini Polsek Sukmajaya sudah menyusun jadwal untuk RW-RW yang setelah di data warganya masih ada yang belum di vaksin sehingga target Kelurahan Cisalak.
“Kalo bisa semuanya tiada yang terlewat, ini sedang kami sisir mana warga-warga kami yang belum di vaksin, silahkan di daftarkan di gerai vaksin Merdeka ini, syaratnya mudah cukup membawa fotokopi KTP,” kata Wiyana kepada siaranjabodetabek.com.

Wiyana menambahkan, di Kelurahan sudah banyak sentra vaksin yang tersebar di RW-RW. Namun ia menilai sosialisasi terkait vaksinasi ini tetap perlu dilakukan.
“Cisalak lauching gerai vaksin merdeka ke RW sebagai upaya penyisiran warga yang belum tervaksin.akan dilakukan secara rutin sampai semua RW terlayani,” paparnya.

Lurah Wiyana tak main-main membentuk tim Pemburu Vaksin akan dibagi beberapa tim untuk mendatangi RW-RW yang memang cakupan vaksinasinya masih rendah. Wiyana memastikan pihaknya sudah mengantongi data warga yang belum menjalani vaksinasi.

“Tim Pemburu Vaksin ini yang akan blusukan ke rumah warga yang belum melaksanakan vaksinasi. Jadi nanti kita sosialisasikan pentingnya vaksin di tengah pandemi ini,” katanya.

Ketua RW 02 Cisalak Hardi mengungkapkan, sangat berterima kasih kepada polsek Sukmajaya, tenaga kesehatan dari puskesmas sukmajaya.
“Tiga pilar serta semua pihak yang sudah membantu mensukseskan kegiatan vaksin di lingkungannya, sangat membantu sekali,” katanya. (Adi).