oleh

Momen 10 Muharam, Pemerintah Kota Depok Bersedekah Untuk 1443 Anak Yatim

siaranjabodetabek.com, Depok – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, menyantuni 1443 anak yatim hari ini Kamis (19/8/2021). Aksi sosial ini dalam rangka menyambut serta memperingati Tahun Baru Islam 1443 Hijriah di Balaikota Depok.

Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono didampingi Sekda Kota Depok Supian Suri dan Ketua Baznas Depok, menyerahkan bingkisan sembako dan uang tunai secara simbolis kepada 10 anak yatim di Aula Teratai Lt.1 Gedung Balaikota, Kamis (19/08/2021).

Kabag Kesejahteraan Sosial Setda Kota Depok Eka Firdaus menuturkan, pada tanggal 10 Muharram juga dikenal dengan sebutah Hari Raya Anak Yatim. Untuk itu, umat Islam dianjurkan untuk memberikan sedikit rezekinya terhadap yang membutuhkan terutama kepada anak yatim.

“Tahun ini kami memberikan santunan terhadap 1443 anak yatim di Kota Depok. Yang mana per anaknya mendapatkan bantuan sebesar Rp150 ribu. Bantuan seperti ini memang rutin kita lakukan setiap tahunnya,” tutur Eka kepada siaranjabodetabek.com, usai dampingi Wakil Walikota Depok.

Eka mengatakan, di tahun sebelumnya, Baznas bersama Pemkot Depok memberikan santunan terhadap 1442 anak yatim. Untuk anak yatim yang diberikan santunan sendiri, lanjutnya, adalah rekomendasi dari masing-masing kelurahan.

Pihaknya, tinggal menerima datanya dan memproses pemberian santunan tersebut. “Ya untuk penerima sendiri adalah rekomendasi dari kelurahan-kelurahan se-Kota Depok. Kami hanya menerima data yang kita terima dan melakukan proses penerimaan santunan,” katanya.

Selain itu, kata Eka, kegiatan ini untuk memberikan inspirasi bagi banyak orang untuk berbagi kasih sayang kepada anak-anak yatim. Selain itu, banyak manfaat bagi orang-orang yang menyayangi anak yatim.

“Ada beberapa manfaat untuk kita yang menyantuni anak yatim. Seperti dengan menyantuni anak yatim, kita bakal diberikan balasan yang luar biasa dan derajat kita di mata Allah terus menerus akan meningkat,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Baznas Kota Depok, Encep Hidayat, kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota dengan Baznas Depok, dengan memberikan santunan ini memberikan manfaat untuk mereka yang membutuhkan, anak yatim di masa pandemi covid-19 ini.

Encep menuturkan, Pemkot Depok sangat konsen memperhatikan kesejahteraan anak yatim. Selain memaksimalkan keberadaan Baznas Depok, rutin melakukan pembinaan kepada yayasan-yayasan anak yatim.

“Kami Baznas Kota Depok terus secara rutin dengan Pemerintah Kota Depok akan komitmen kepada anak yatim, semoga bantuan ini bermanfaat. Juga di tahun Hijriah ini, kita (berharap) menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” tutupnya. (Adi).