oleh

Gubernur Jabar Kang Emil Berikan Penghargaan Lencana Panca Warsa Ke Walikota Depok Kak Muhammad Idris

siaranjabodetabek.com, Bandung – Walikota Depok, Mohammad Idris mendapat penghargaan Lencana Panca Warsa diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di acara puncak peringatan Hari Pramuka tingkat Provinsi Jawa Barat, Jumat (20/8/2021) di halaman Gedung Sate, Bandung Jawa Barat.

Selain Walikota Depok, Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Jawa Barat, Ridwan Kamil juga memberikan penghargaan kepada Kepala Daerah lain.
“Semoga Gerakan Pramuka mampu menciptakan generasi yang memiliki kepribadian berakhlak mulia, jiwa patriotik, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa,” kata pria yang biasa disapa Kang Emil itu, kemaren di Bandung.

Sementara itu, saat ditemui siaranjabodetabek.com, di Baleka Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan, Lencana Panca Warsa merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan insan Pramuka atas kesetiaanya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan gerakan Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus menerus.

“Alhamdulillah saya selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kota Depok bersama Kak Sopian Suri (Wakil Ketua Mabicab) dan Kak Nina Suzana Ketua Kwarcab meraih penghargaan Lencana Panca Warsa tahun 2021,” kata Idris Jumat (20/8/2021) usai saksikan pelantikan KONI Depok.

“Terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat dan Kwarda Provinsi Jabar atas penghargaan ini, semoga menjadi amanah,” ucap Idris.

Idris menambahkan, prestasi ini menjadi pemicu motivasi untuk terus berpartisipasi dan berkontribusi aktif dalam kegiatan pramuka. Banyak program-program Pramuka Kota Depok yang sudah dilakukan, apalagi di masa pandemi covid-19 ini.

“Semoga gerakan pramuka di Jawa Barat, khususnya di Kota Depok, bisa berjalan lebih baik lagi. Mari terus berinovasi dan berkolaboraai,” tutur Idris.

Idris mengajak, pramuka harus menjadi pelopor kedisplinan terutama disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Sementara Kwarcab Pramuka Kota Depok Kak Nina Suzana menuturkan, Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-60 tingkat Jabar tersebut, hanya dihadiri secara langsung dengan jumlah terbatas dan secara daring oleh seluruh pengurus Kwarcab, Kwartir, para pembina dan anggota Pramuka se-Jawa Barat secara virtual.

“Alhamdulillah Depok meraih penghargaan tahun ini. Kita tidak mengadakan kegiatan besar sama seperti tahun lalu, karena sedang pandemi.

Hanya saja lanjut Nina, rasa bersyukurnya, tanggal 14 Agustus ini, anggota Pramuka Kota Depok terpilih untuk menjadi petugas upacara se-Nasional di Cibubur dan disaksikan secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo.
“Pramuka tetap eksis meski di tengah pandemi Covid-19, program kemanusiaan tetap kita jalankan kolaborasi dengan PMI, Disdamkar dan penyalamatan Kota Depok,” ujar Kak Nina.

Tema Hari Jadi Pramuka tahun ini “Berbakti Tanpa Henti”, dijadikan momentum untuk terus melakukan penyesuaian kegiatan selama pandemi.
“Sosialisasi, pembagian masker dan lain-lain. Ini sudah dilakukan di gugus depan dan kwartir ranting. Jadi, jangan karena pandemi lalu ngga kegiatan. Kita harus bisa menyesuaikan,” pungkasnya. (Adi).