oleh

Kolaborasi PMI, Katar dan FKKS Cimanggis Sukses Gelar Donor Darah Rutin, Ayo Bantu PMI Amankan Stok Darah

siaranjabodetabek.com, Cimanggis – Kegiatan donor darah yang di Galang oleh Katar, PMI dan FKKS di aula kantor Kecamatan Cimanggis, di ikuti sekitar 60 warga se-Kecamatan Cimanggis Selasa (24/8/2021).

Kebutuhan akan darah di masa pandemi harus terus diantisipasi. Salah satu caranya adalah ikut membantu Palang Merah Indonesia (PMI) mengamankan stok darah dengan rutin menggelar kegiatan donor darah seperti yang dilakukan oleh Karang Taruna (Katar) Kecamatan Cimanggis.

Camat Cimanggis Abdulrahman mengungkapkan, inisiatif menggelar kegiatan rutin donor darah ini sebagai ikhtiar untuk membantu PMI Kota Depok dalam mengamankan stok darah yang kebutuhannya semakin meningkat di masa pandemi.

“Kegiatan donor darah ini rutin tiga bulan sekali, dan setiap kegiatan kami berkoordinasi dengan organisasi yang ada di Kecamatan. Kali ini yang menjadi penanggung jawabnya yaitu Karang Taruna (Katar) Kecamatan,” kata Abdulrahman sapaan akrabnya Abra kepada siaranjabodetabek.com, Selasa (24/8/2021) di aula kantor Kecamatan Cimanggis.

Sementara di sisi lain, kegiatan donor darah yang biasanya marak, selama masa pandemi ini mulai berkurang. Oleh karena itu, Abra mengajak, seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu memastikan stok darah khususnya di Kecamatan aman.

“Saya mengajak kita semua baik teman-teman ormas atau organisasi lain kembali menyemarakkan kegiatan donor darah. Kepada warga masyarakat saya juga ingin menyampaikan bahwa donor darah di masa pandemi aman karena dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat,” ucap Abra.

Ayo kita bantu PMI amankan stok darah. Setetes darah akan akan sangat berguna menyelamatkan banyak nyawa saudara-saudara kita yang saat ini sedang membutuhkan.

“Kepada warga jangan ragu untuk donorkan darahnya, karena PMI sudah punya standar yang ketat dan aman di masa pandemi ini,” ujar Abra.

Sementara itu, Ketua Katar Kecamatan, Martejo mengatakan, dari sekitar 110 yang mendaftar, hanya 60 orang yang berhasil lolos dari tes kesehatan untuk mendonorkan darahnya.

“Yang tidak berhasil karena HB rendah, tekanan darah tinggi, baru vaksin dosis 1 dan berbagai masalah kesehatan lainnya,” tuturnya.

Menurut Martejo, saat ini banyak warga yang ingin mendonorkan darahnya, tetapi karena berbagai hal yang membuat warga belum berkesempatan untuk donor darah.

Oleh karena itulah Martejo, akan terus menggelar kegiatan donor darah di berbagai wilayah yang ada di Kecamatan Cimanggis. Antusiasme masyarakat yang tinggi harus difasilitasi dengan semakin sering digelar kegiatan donor darah.

Dengan demikian, menurut Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Cimanggis H. Idin Ibrahim, kali ini mulai dari yang merencanakan, menyiapkan sarana dan prasarana dan pengerahan masa dilakukan katar.

“Kita menggelar donor darah pertiga bulan sekali kali ini katar. Nanti giliran FKKS berikutnya PMI. Nahh ini nanti berkoordinasi dengan PMI Kota Depok.
“Allhamdulillah, antusias warga cukup bagus, sebab kita sebelumnya mensosialisasikan kepada masyarakat untuk turut serta,” papar Idin.

“Jika antusias warga menjadi pendonor semakin besar, kami akan gelar kegiatan donor darah hingga level Kelurahan sehingga akan lebih banyak warga yang terlibat,” ujarnya.

Di saat kunjungan Ketua Katar Kota Depok Jayadi Bray, sangat mengapresiasi Katar Cimanggis yang telah berhasil mengadakan kegiatan donor darah seperti ini.

“Kelanjutannya kami berharap, ini dapat dilaksanakan di 11 Kecamatan. Karena sejauh ini yang rutin melaksanakan tiga Kecamatan yaitu, Cimanggis, Pancoranmas, dan Cinere,” tandasnya

Jika semua berjalan baik, maka kegiatan ini akan dilanjutkan. Tiap tetes darah yang kita donorkan menyebarkan jutaan manfaat bagi banyak orang. Sekali lagi saya mengajak kepada kita semua, ayo rutin donor darah,” pungkas. (Adi).