oleh

Gubernur Jawa Barat Kang Emil Resmi Buka STQH Ke-17 Kepala Daerah Saksikan Secara Virtual, Depok Optimis Raih Yang Terbaik

siaranjabodetabek.com, Depok – Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) tingkat Provinsi Jawa Barat ke-XVII tahun 2021, peserta asal Kota Depok hari ini Rabu (25/8/2021) dilepas oleh Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono (IBH) di Aula Teratai Gedung Balaikota Depok, di dampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Setda Kota Depok Sri Utomo dan Kabag Kesos Eka Firdaus.

Hari ini Rabu (25/8/2021) Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara resmi membuka STQH ke-XVII tahun 2021 di gedung Pusda’i Kota Bandung.

Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) ke 17 tingkat Jawa Barat, digelar pada tanggal 25-30 Agustus 2021. Pelaksanaan STQH tahun ini dilaksanakan dengan pola hybrid dan offline, yang diikuti oleh 540 lebih khalifah dari 27 Kota Kabupaten se Jabar.

Ketua STQH Kota Depok Sri Utomo mengatakan, Pemerintah Kota Depok mengirim kontingen yang beranggotakan 16 orang pada kegiatan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) XVII Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 di Gedung Balai Astri Pusat Dakwah Islam (Pusda’i) Kota Bandung.

Kemudian kata Sri Utomo yang saat ini menjabat sebagai Plt. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok menambahkan, Cabang lomba kali ini yaitu tilawah Al-Quran, tahfiz Al-Quran, dan tafsir Al-Quran.

Aspemkesos Sri Utomo, menyaksikan Pembukaan STQH secara Virtual di ruang kerjanya

“Yang akan dikirim peserta dari Depok pada event ini adalah para pemenang MTQ tahun 2020, dari setiap cabang lomba,” kata Sri Utomo, usai mengikuti pembukaan STQH, Rabu (25/8/2021) secara Virtual di ruang kerjanya.

Mantan Plt. Walikota Depok ini mengungkapkan, kondisi pandemi Covid-19 berdampak pada tertundanya pelaksanaan STQ, dan tahun ini baru bisa terlaksana Pelaksanaannya dengan penerapan protokol kesehatan dan pemanfaatan virtual. STQ ke 17 memperlombakan 4 kategori, yaitu tilawah, tafidz, tafsir dan hafalan hadits.

“Secara teknis STQH kali diselenggarakan di Pusdai dan di kantor LPTQ Jabar. Di gelar secara hybrid kombinasi virtual dan tatap muka yang terbatas. Diharapkan event ini dapat memberikan rasa tenang, optimisme dan pesan harapan bagi masyarakat,” terang Sri Utomo yang juga mantan Plt. Sekda Kota Depok.

Sementara itu Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono, dengan ketatnya penerapan prokes pada saat pelaksanaan STQH ke 17, maka Pejabat Daerah hanya mengikuti pembukaan secara virtual.

Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono melepas kontingen STQH Kota Depok

“Kami berharap khalifah dari semua kategori lomba, yang disaring bisa menghasilkan juara terbaik, dan menjadi perwakilan provinsi Jawa Barat ke MTQ tingkat Nasional pada bulan Oktober di Maluku,” ujar IBH, usai melepas kontingen STQH Kota Depok di Balaikota Depok.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada sambutannya mengungkapkan, dengan segala potensi Jabar juara, terbukti pada STQH di Padang tahun lalu,

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat membuka STQH tingkat Jabar di Kota Bandung

Jabar meraih juara umum 3. Dan diharapkan pada STQH di Maluku tahun ini, Khalifah Jabar meraih juara umum, dan berlanjut menjadi juara umum di MTQ Tingkat Nasional tahun depan.

“Kondisi pandemi ada nilai positif di kehidupan beragama kita, saya mencatat, saat ini ada peningkatan orang mengaji melalui online, dibanding sebelum pandemi. Tentunya hal ini harus disikapi, warga sudah mulai sadar dan ingin mengaji lebih baik lagi,” pungkas Gubernur. (Adi).