oleh

RW.19 Kelurahan Mekarjaya Rayakan HUT RI ke-76, Menggelar Lomba Kebersihan Lingkungan RT.05 Raih Juara Pertama

siaranjabodetabek.com, Mekarjaya – Suasana pandemi Covid-19 tidak menghalangi warga RW.19 Kelurahan Mekarjaya Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, tetap mengadakan lomba kebersihan lingkungan tingkat RT yang digelar oleh RW.19. Dalam rangkaian untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 76 tahun 2021.

“Karena suasana masih pandemi, Rw.19 hanya menggelar lomba kebersihan lingkungan antar RT, Alhamdulillah RT 5 meraih Juara Pertama,” ungkap Ketua RW19, Zuhalmunsiep, Minggu (29/8/2021) kepada siaranjabodetabek.com, usai pemberian piala di kantor Rw, jalan Samiaji 1 RW.19 Kelurahan Mekarjaya.

Zulhalmun mengatakan, menjaga kebersihan lingkungan merupakan keharusan yang dilakukan oleh warga, apalagi saat ini masih suasana pandemi. Menurutnya, lingkungan yang bersih akan mampu meningkatkan imunitas kesehatan tubuh.

Lebih lanjut Zul mengatakan, kegiatan lomba lingkungan tingkat RT ini selalu dilaksanakan setiap tahunnya, bertepatan dengan HUT kemerdekaan RI.

“Pada perayaan Agustusan tahun ini, dapat terlaksana berkat kerjasama antar warga, secara swadaya untuk berbenah, dalam terbiasa pola hidup sehat disiplin di suasana Pandemi Covid-19 untuk menerapkan protokol kesehatan (Prokes),” jelasnya.

Menurutnya, tujuan diadakannya lomba adalah untuk memotivasi dan meningkatkan azas gotong royong persatuan, tertib administrasi dan hidup sehat, lalu menggerakkan RT dan warganya agar aktif dan kreatif untuk pemanfaatan lahan pekarangan rumah kebersihan lingkungan serta menunjang kesejahteraan ekonomi terutama di masa Pandemi Covid-19.

“Adapun kriteria yang dilombakan yakni kategori Kebersihan (Sampah, Selokan, Lingkungan), Keindahan (Penghijauan dan Taman) dan Kerapian (Kerapian Tata Lingkungan).

Masih kata Zulhalmun, dewan juri selama bekerja tidak terlihat, sebab kalau terlihat nanti warga pada siap-siap bebersih. Lomba lingkungan bersih dan yang menarik lomba fotografi HP.

“Naahh itu kita tidak perlihatkan kapan dinilainya, iya inilah hasilnya di umumkan pemenang, lomba ini akan dilanjutkan tahun depan. Ini adalah salah satu solusi menggerakkan gotong royong, serta menciptakan lingkungan yang bersih dan aman,” paparnya.

Sementara itu, Lurah Mekarjaya Zaenal Arifin menyatakan, ingin mengembangkan, memajukan RW yang ada di wilayahnya, meski dalam suasana Pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, Zaenal menyampaikan, lomba kali merupakan yang ketiga kalinya di RW.19 dan pada tahun ini RT 5 meraih juara pertama.

“Sebagai contoh, Saya berharap RW.19 ini dapat menjadi motivasi bagi RW – RW yang lainnya, untuk terus berinovasi dalam memajukan mengembangkan Rw nya, baik di sektor perekonomian dan lainnya,” tuturnya.

Meski di tengah pandemi covid-19, warga masih tetap antusias untuk menghias lingkungannya guna mengikuti lomba menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia.

“Pagi pun ga ada halangan untuk melanjutkan pekerjaan ngecat dan menghias jalan supaya lebih semarak dan indah,” ucap Zaenal.

Terkait hal ini, Lurah pun memberikan apresiasi. Pasalnya, warga di RW 19 jalan di komplek tersebut menjadi lebih indah dan sedap dipandang. Bendera dan umbul-umbul berwarna merah putih turut dipasang di sepanjang jalan.

“Jika masyarakat tidak bisa menjaga lingkungan, tentu kita tidak punya harapan lebih. Kita harus bergerak bersama, menciptakan kemandirian masyarakat, menjaga lingkungan,” pungkasnya.

Untuk di ketahui hasil lomba Juara pertama di raih Rt.5, juara kedua Rt. dan Juara ketiga diraih oleh Rt.7. (Adi).