oleh

Hari Ini Serentak Gebyar Vaksin Massal di Sebelas Kecamatan

siaranjabodetabek.com, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok hari ini (1/9/2021) secara serentak menggelar gebyar vaksinasi di 11 Kecamatan. Kegiatan tersebut berlangsung selama lima hari, mulai 01-05 September mendatang. Masing-masing Kecamatan mendapatkan kuota 1.000.

Berbagai persiapan pun dilakukan. Seperti di wilayah Kecamatan Sawangan, Kecamatan Bojongsari, Kecamatan Cinere dan Kecamatan Tapos, Beji dan Kecamatan Pancoran Mas, melakukan persiapan dengan pemasangan tenda untuk pelaksanaan kegiatan vaksin, Selasa (31/8/2021).

Camat Beji Hendar Pradesa mengatakan, kegiatan vaksin massal akan dilaksanakan pada Rabu (1/9/2021) di halaman kantor Kecamatan Beji dan kegiatan ini serentak dilakukan di semua Kecamatan di Kota Depok.

“Mengenai persiapan, sejak Senin (30/8/2021) dengan mengundang para lurah di wilayah kerjanya agar memberitahukan para warga untuk mengikuti vaksin,” kata Hendar, ketika di konfirmasi Selasa (31/8/2021) di kantornya.

Sedangkan tenaga kesehatan yang diterjunkan sebanyak 16 orang dari rumah sakit, dibantu oleh para bidan dari Ikatan Bidan Indonesia.

Senada, Camat Bojongsari, Dede Hidayat ketika dikonfirmasi mengatakan, vaksin dilakukan mulai besok dengan kuota 1.000 orang. Pelaksanaannya selama lima hari.

“Jadi total masyarakat yang divaksin kuota lima hari sebanyak 5.000 orang. Bagi masyarakat yang belum vaksin untuk segera vaksin,” katanya, didampingi Sekcam Bojongsari, Zikri Dwi Darmawan.

Camat Sukmajaya Tito Ahmad Riyadi menjelaskan, warga yang belum melakukan vaksinasi dapat mendaftar melalui RT-RW atau kantor kelurahan setempat. Vaksinasi massal dilaksanakan dari pukul 08.00-14.00 WIB di halaman kantor Kecamatan Sukmajaya.

“Vaksinasi ini khusus untuk dosis pertama dan jenis vaksin yang digunakan vaksin Pfizer yang dapat digunakan untuk usia 12-60 tahun,” terangnya.

Dikatakannya, persyaratan yang perlu diperhatikan, perserta datang dengan membawa fotokopi KTP dan Kartu keluarga (KK). Selain itu, peserta vaksin juga diminta untuk membawa alat tulis masing-masing.

Dia menambahkan, bagi yang sudah mendapatkan jadwal diharapkan datang tepat waktu dan sudah sarapan atau makan siang. Peserta juga harus dalam kondisi sehat, jika memiliki penyakit penyerta diharapkan membawa surat dokter.

Plt Camat Sawangan, Fery Birowo mengatakan kegiatan vaksin massal akan dilaksanakan pada Rabu (1/9/2021) di halaman kantor Kecamatan Sawangan dan kegiatan ini serentak dilakukan di semua kecamatan di Kota Depok.

“Mengenai persiapan, sejak Senin (30/8/2021) dengan mengundang para lurah di wilayah kerjanya agar memberitahukan para warga untuk mengikuti vaksin,” ungkapnya.

Sedangkan tenaga kesehatan yang diterjunkan sebanyak 16 orang dari rumah sakit, dibantu oleh para bidan dari Ikatan Bidan Indonesia.

“Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi Dokter Amelia di nomor 08124153 1278 , Bidan Larasati di nomor 081292084405. Serta Ariana Ningrat di nomor 08128000039,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan, gebyar vaksinasi diselenggarakan atas kerja sama pihak kecamatan dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas setempat.

Novarita menambahkan, peserta vaksinasi merupakan warga yang sudah didata oleh wilayah setempat. Pendaftaran dapat dilakukan melalui RT-RW, atau kelurahan.

“Peserta merupakan warga yang memiliki KTP Kota Depok atau menyertakan keterangan domisili yang sudah didata,” tandasnya

Ia menjelaskan, warga yang belum melakukan vaksinasi dapat mendaftar melalui RT-RW atau kantor kelurahan setempat. Vaksinasi massal.

“Vaksinasi ini khusus untuk dosis pertama dan jenis vaksin yang digunakan vaksin Pfizer yang dapat digunakan untuk usia 12-60 tahun,” terangnya. (Adi).