oleh

Tingkatkan Profesional Organisasi FKP Bebenah Susun Kembali Struktur Kepengurusan

siaranjabodetabek.com, Depok – Forum Komunikasi Persahabatan (FKP) Kota Depok menggelar rapat, bertajuk Silaturrahmi, suatu organisasi di tuntut mampu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi agar mampu memenuhi tuntutan dan mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
Organisasi yang tidak mempu beradaptasi cenderung statis dalam hal perkembangannya, karena tidak mau menerima aspek-aspek baru yang memungkinkan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas output suatu organisasi.

“Forum Komunikasi Persahabatan (FKP) Kota Depok, mulai bebenah organisasinya, sejak di bentuk kepengurusan 2020, baru kali ini kami lakukan, iya supaya organisasi berjalan,” Ketua FKP Kota Depok Dedi Setiadi, Minggu (10/10/2021) di Sekretarian FKP.

Ketua FKP Dedi Setiadi (kiri) bersama Dewan Kehormatan FKP Mulyadi (kanan).

Menyikapi perkembangan FKP yang memiliki sekretariat jln kembang Lio Gg. H. Ita RT.03 RW 13 Kelurahan Depok ini. Melakukan perubahan yang mana perubahan tersebut dapat berupa perubahan aktivitas dalam organisasi yang mempengaruhi seluruh anggota organisasi.

“Alhamdulillah, kemaren malam kita adakan rapat anggota kita mencoba bebenah diri untuk perubahan organisasi, kita ganti yang tidak aktif,” kata Dedi.

Namun kata Dedi, perubahan tetap penting dilakukan oleh organisasi untuk mengubah kultur yang tidak sesuai dengan keadaan sebelumnya. Oleh sebab itu, dalam makalah ini membahas mengenai perubahan organisasi yang lebih mendalam.

“Perubahan yang disebabkan karena faktor dari dalam atau faktor internal dalam suatu organisasi. Perubahan tujuan, perubahan jumlah personel, menurunnya semangat,” ucapnya.

Ketua FKP Dedi Setiadi

Perubahan organisasi yang disebabkan oleh faktor organisasi. Faktor ini dapat di atasi dengan cara kerjasama antar anggota organisasi untuk mewujudkan cita-cita bersama dengan adanya kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya.

“FKP setahun yang lalu sudah punya Akte Notaris : AHU-00067.AH.02.02.01. tahun 2020. SK. AHU-0002771.AH.01.07 tahun 2021, jadi kita sahh bukan organisasi abal-abal. Kalau dulu selalu ada keluhan anggota ini, maka sekarang ada tidak lagi,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Dedi, akan berupaya mewujudkan visi dan misi FKP menjadi organisasi yang melayani pengamanan dan membantu masyarakat dalam segala hal.
“Kita harus paham betul dan kondisi serta gambaran umum apa yang telah dicapai oleh FKP selama satu tahun, Alhamdulillah kita tercatat di Pemerintah Kota Depok melalui Kesbangpol,” jelas Dedi.

Dedi menjelaskan, selama satu lebih tahun terakhir pihaknya berupaya melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas. Mulai dari perubahan pengurus, mengawal dan mengamankan kebijakan hingga implementasi teknis.

“Anggota kami sudah ratusan hampir seluruh Wilayah di kota Depok ada, ada 13 Korlap dan 13 korwil wilayah, ini kan perlu adanya penyegaran,” tuturnya.

Dedi menjelaskan, semua masukan dari anggota diserap dengan baik. Hasilnya berdampak positif pada anggota dan jumlah pun meningkat, berupaya meningkatkan kualitas layanan komunikasi.
“Kami akan menggunakan potensi kekuatan yang dimiliki dengan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada dan mampu menembus setiap tantangan di depan,” pungkasnya. (Adi).