oleh

Mewujudkan UMKM Yang Produktif Di Tengah Pandemi Covid-19, UMKM Jatimulya Mampu Menjadi Produk Unggulan

siaranjabodetabek.com, Cilodong – Hari ini Jum’at (22/10/2021) Kelurahan Jatimulya Kecamatan Cilodong Kota Depok mengadakan Sosialisasi usaha ekonomi produktif UMKM. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pilar penyangga kekuatan perekonomian negara kita.
Gelaran sosialisasi ini dilaksanakan di aula kantor Kelurahan Jatimulya, dengan mengundang Nara sumber dari Kementrian UMKM.

Lurah Jatimulya ketika di temui siaranjabodetabek.com, mengatakan, data dari Kelurahan menunjukkan bahwa sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap Pendapatan masyarakat dan mampu menyerap perekonomian yang produktif.

“Alhamdulillah, hari ini kami menggelar sosialisasi UMKM produktif, kami mengundang 25 pelaku UMKM di wilayah Jatimulya, seperti Kuliner kraf, minuman kembang Teleng di RW 06 dan yang lainnya kita akan kembangkan,” kata Aripudin Kamis (22/10/2021) di ruang kerjanya.

Akan tetapi menurut Aripudin, dimasa Pandemi Covid 19 ini kegiatan UMKM mengalami penurunan yang sangat signifikan. Permasalahan Utama yang banyak dikeluhkan oleh pelaku UMKM adalah penurunan Omzet dari usahanya bahkan ada yang gulung tikar hanya untuk tetap bertahan.

Pandemi Covid 19 memang sangat dirasakan dampaknya dan menjadi tantangan tersendiri bagi UMKM agar tetap bertahan. Walaupun dengan kondisi sangat sulit.

“UMKM diharapkan dapat tetap produktif dan mampu memasarkan produknya sehingga UMKM ini mampu menjadi kekuatan penyangga ekonomi khususnya Kelurahan Jatimulya dan sebagai tulang punggung dalam menggerakkan ekonomi kita secara dinamis,” ucap Aripudin.

Upaya untuk mempertahankan agar UMKM bisa suvive dan terus produktif telah dijalankan, meski saat ini yang di jalankan dengan cara online, menurutnya itu sangat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Nantinya kita akan bentuk Komunitas UMKM Kelurahan Jatimulya, yang menjadi salah satu binaannya. Atas dasar mengadakan kegiatan kepedulian kami. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha UMKM untuk tetap bisa produktif di masa pandemi Covid 19,” paparnya.

Sesuai dengan kebijakan Pemerintah Kota Depok, di masa Pandemi Covid 19, maka kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat diadakan menggunakan protokol kesehatan dengan tema “Mewujudkan UMKM Yang Produktif Di Tengah Pandemi Covid 19,”.

Dalam Kegiatan ini Nara sumber akan menjelaskan tentang bagaimana caranya para pelaku UMKM Khususnya di Kelurahan Jatimulya dapat tetap produktif di masa pandemi Covid 19.

“Semoga ini dapat bermanfaat untuk para pelaku UMKM khususnya, dan tentunya produk-produk unggulan di Kelurahan Jatimulya akan muncul,” pungkasnya. (Adi).