oleh

Paritrana Award Tingkat Provinsi Jawa Barat, Sekda Kota Depok Terima Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Terbaik Ke Tiga

siaranjabodetabek.com, Bandung – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, menyerahkan Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Paritrana Award Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020, kepada Pemerintah Kota Depok.

Menerima penghargaan Terbaik Ke Tiga Anugerah Paritrana Kategori Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Tingkat Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2020.

Penghargaan di terima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri dengan di dampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Depok, Mohammad Thamrin, Selasa (26/10/2021) bertempat di Pullman Bandung Grand Central Hotel, Provinsi Jawa Barat.

Acara yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini bertujuan meningkatkan peran Pemerintah Kabupaten/Kota dalam meningkatkan perlindungan jamsostek, meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan jamsostek serta meningkatkan awareness dan citra positif Pemerintah.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 002.6/Kep.24-BKD/2021 tentang Pemberian Penghargaan Daerah Kepada Pemenang Anugerah Paritrana Tingkat Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2020.

Menurutnya sebagai bentuk apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten/Kota dan Perusahaan baik kategori besar, menengah maupun usaha kecil mikro. Anugerah Paritrana ini untuk menghargai Pemerintah Daerah yang disipilin dalam menyelenggarakan dan mengimplementasikan program jaminan sosial ketenagakerjaan. Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tingkat Daerah Provinsi Jawa Barat hasil penilaian tahun 2020.

Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri ditemui usai menerima penghargaan mengatakan, bahwa raihan penghargaan ini merupakan hasil kerjasama berbagai pihak.
“Alhamdulillah, Hari ini Kota Depok menerima penghargaan Terbaik Ke Tiga Anugerah Paritrana Kategori Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Tingkat Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2020,” ujar Supian Suri.

Supian Suri Menuturkan, Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras antar Instansi dan juga kerja sama yang baik antara Pemerintah Kota Depok dengan BPJS Ketenagakerjaan yang bersinergi membangun Kota Depok

“Atas nama Pemerintah Kota Depok, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersinergi sehingga Kota Depok mendapatkan penghargaan ini,” ujarnya.

Proses penilaian Paritrana Award tahun 2020, melalui beberapa tahap
mulai dari seleksi. Kemudian dilanjutkan dengan verifikasi dan validasi di tingkat Provinsi, dan diakhiri dengan tahap wawancara. Pada tahap wawancara, para kandidat diminta untuk memaparkan berbagai kebijakan dan inovasi yang telah mereka lakukan kepada tim juri.

Supian mengungkapkan, bahwa dalam penilaian Paritrana Award tahun ini, BPJAMSOSTEK menambahkan beberapa kriteria dan menyesuaikan bobot penilaian yang bertujuan agar penjurian dapat dilakukan dengan lebih tepat dan akurat.

“Ada empat indikator penilaian untuk kategori Pemerintah Kabupaten/Kota yakni kebijakan (15 poin), penerapan (15 poin), kinerja (50 poin) dan wawancara (20 poin),” ucap Supian.

Indikator kebijakan meliputi produk hukum terkait dengan penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan. Indikator penerapan, berkaitan dengan kepesertaan Non ASN dan keberlangsungan perlindungan dan kepatuhan pemberi kerja.

Sementara indikator kinerja terkait coverage kepesertaan Pekerja Penerima Upah (PU), coverage kepesertaan Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) dan kontribusi Pemda ada perlindungan pekerja rentan dan relawan Covid-19. Terakhir indikator penilaian wawancara, berkaitan dengan narasumber dan materi. (Adi).