oleh

Setelah Jadi RT tangguh, Kini RT 06 RW 01 Kelurahan Mekarjaya Menuju Lingkungan Hijau dan Asri

siaranjabodetabek.com, Sukmajaya – Warga di lingkungan RT 06 RW 01 Kelurahan Mekarjaya yang di komandoi Ketua RT nya, lingkungannya menuju RT hijau Tengah disulap menjadi kawasannya asri. Area itu juga amat bersih. Lingkungan RT 06 RW 01 yang jadi hijau dan asri.

Setelah RT tangguh kini RT 06 RW 01 Kelurahan Mekarjaya menuju RT hijau. Tanaman hijau itu berpadu dengan paving jalanan yang berwarna-warni.

Ketua RT 06/RW 01, Kelurahan Mekarjaya Rasmal A. Sikumbang mengatakan, proses penghijauan dan penataan lingkungan yang dilakukan warganya berlangsung. Biaya dan pengerjaan dilakukan oleh warga secara swadaya.

“Alhamdulillah, Kita menggalakan satu rumah 2 pot bunga atau kembang agar sirkulasi udara, oksigen tetap sehat. Antusias warga luar biasa ini, dari mulai cat hingga tanaman, mereka sediakan,” kata Rasmal kepada siaranjabodetabek.com, Rabu (3/11/2021).

Rasmal menerangkan, warganya menerapkan konsep kembali ke alam dan pergerakan dari hati ke hati. Andai ada traveler yang ingin masuk kawasan. Disetiap lingkungan warga RT 06 RW 01 sedang merawat tanaman.

“Bisa dikatakan lingkungan kami saat ini menjadi lingkungan hijau berbasis alam di tengah kota. Silahkan kalau ingin berkunjung,” ujar Rasmal.

Menurutnya, sudah banyak alam dan lingkungan rusak sehingga perlu kembali ke fitrah kita sebagai manusia pelestari lingkungan.

“Konsep kami adalah konsep hijau. Dari kita, untuk kita, bermanfaat bagi kita dan lingkungan. Harapannya kembali ke alam,” imbuh Rasmal.

“Bila tumbuhan ini terawat, dihalaman rumah masing-masing. Hal ini untuk kesehatan dan keselamatan kita semua. Termasuk udara bersih yang ada,” dia menambahkan.

Sementara itu Lurah Mekarjaya Zaenal Arifin bilang, untuk mewujudkan kampung yang asri itu memang membutuhkan ketelatenan dan ketekunan. Dia bersyukur warga khususnya RT 06 RW 01, bisa bergandengan tangan untuk bergerak bersama, untuk lingkungan yang hijau dan asri.

“Kami sangat apresiasi kepada Ketua RT 06 bisa mengubah dari mulai lingkungan terkecil, yang diselaraskan dengan lingkungan,” ungkap Zaenal. (Adi).