oleh

Khasiat Terong Ungu bagi Kesehatan Tubuh

siaranjabodetabek.com – Terong ungu adalah salah satu makanan yang mudah ditemui. Serta sering dikonsumsi dalam berbagai hidangan.

Terong mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B Kompleks, C, E, D, dan K. Selain itu, bahan makanan ini juga kaya akan Zat besi,
Antosianin, Ellagic Acid, serta Phycocyanian.

Juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Melansir dari PMJNews menyebutkan berbagai manfaat terong bagi kesehatan tubuh, sebagai berikut:

1. Menurunkan Tekanan Darah
Hipertensi terjadi ketika tekanan darah 130/80 mmHg. Diperkirakan 45 persen orang dewasa di atas 18 tahun memiliki tekanan darah tinggi, menurut Centers for Disease Control (CDC).

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan stroke, aneurisma, gagal jantung, demensia, dan gagal ginjal, menurut Mayo Clinic.

2. Menyehatkan Jantung
Terong adalah buah rendah karbohidrat dengan 2,5 gram serat per porsi. Serat dapat membantu menurunkan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dalam darah, mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah, menurut Mayo Clinic.

Serat makanan, terutama serat larut dari buah memiliki hubungan terbalik dengan beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung. Serat larut dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

3. Menyehatkan Usus
Makan makanan yang kaya buah-buahan dan sayuran, termasuk terong, membantu menjaga bakteri baik di usus sekaligus menjaga agar bakteri jahat tidak membuat sakit.

Bakteri usus memfermentasi serat dari buah-buahan dan sayuran yang menciptakan asam lemak rantai pendek untuk menyerap lebih banyak nutrisi penting dari makanan,

Sumber : PMJ NEWS