oleh

Panduan Pentingnya pembuangan BAB Ke Septic Tank

siaranjabodetabek.com – setiap rumah pasti memiliki saluran pembuangan, seperti kloset untuk buang air. Karena itu setiap rumah pun wajib memiliki septic tank agar dapat membuang limbah tinja dengan benar.

Wali kota Muhammad Idris mengatakan, dalam melakukan berbagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara memperbaiki kondisi sanitasi bersih di lingkungan. Idris menuturkan program ini dibuat untuk dijalankan dan menjadi tanggung jawab semua pihak. Tujuan tersebut supaya tidak mencemari lingkungan dan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Pada dasarnya, septic tank merupakan wadah untuk pengolahan limbah yang berasal dari kloset. Tentu saja hal ini wajib dilakukan agar tidak menimbulkan masalah dan menggangu kesehatan penghuni rumah. Untuk depok saat ini pencapaian persentase jauh lebih baik dan sudah mencapai 95,42 % yang udah Open Defecation Free ( ODF).
Walau angka sudah naik, ada beberapa warga plosok yang masih kurang kesadaran untuk perilaku Buang Air Besar (BAB) sembarangan. Namun di harapkan hal tersebut bisa di minimalisir atau di hilangkan. Dalam melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kondisi sanitasi di lingkungan, petugas UPTD Puskesmas Pancoran Mas, Ecih Sumiarsih, mengadakan pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) untuk mendorong perubahan perilaku higienis dan sanitasi individu atau masyarakat atas kesadaran sendiri dengan menyentuh perasaan, pola pikir perilaku dan kebiasaan individu atau masyarakat.

Pada bulan Oktober melakukan kegiatan pemicuan STBM di RW 20 dan langsung penelusuran ke lokasi/masyarakat yang masih BABS atau yang tidak punya septic tank, karena pembuangan kotorannya dari jamban dialirkan ke Situ Rawa Besar.

Tinjauan terhadap kondisi suatu daerah dapat menjadi masukan penting dalam melakukan perbaikan sanitasi. Untuk mengantisipasinya masyarakat membuat septic tank yang kedap secara mandiri, jangan ketergantungan bantuan dari pemerintah. karena tujuan STBM ini adalah mewujudkan perilaku masyarakat yang higenis dan saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan yang optimal.
Di tempat yang sama, Total Berbasis Masyarakat (STBM) di pinggir Situ Rawa Besar, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, untuk menekan perilaku hidup bersih dan sehat, dengan melibatkan masyarakat sebagai subjek pembangunan yang berperan aktif dalam proses pengambilan keputusan. Peran serta masyarakat menjadi kunci keberhasilan program.