oleh

Walikota Depok Pimpin Gelar Apel Kesiapsiagaan Hadapi Cuaca Ekstrem

siaranjabodetabek.com, Depok – Walikota Depok bersama Forkopimda, menggelar apel siaga bentuk kesiapsiagaan menanggulangi Siaga bencana Hidrometeorologi, bencana alam, di Lapangan Balaikota Depok, Senin (15/11/2021) hari ini.

Apel dipimpin langsung Walikota Depok KH. Muhammad Idris, dihadiri sejumlah unsur, seperti TNI, Polri, OPD terkait, PMI, DPUPR Kota Depok, Satpol PP Kota Depok, Tagana Dinas Sosial, para relawan bencana alam, Pramuka dan masyarakat peduli lingkungan.

Dalam kesempatan ini Walikota Depok KH. Muhammad Idris sebagai Inspektur Upacara menyampaikan, Kota Depok termasuk Daerah miliki cuaca yang susah diprediksi, sebagaimana yang kita alami bahwa resiko bencana sangat komplit mulai dari banjir, tanah longsor, angin kencang, bahkan kejadian kebakaran akibat kurangnya kontrol.

“Depok cuma ada genangan air, kalaupun itu banjir kali tersumbat sampah, dan mengecil, sedangkan untuk Ciliwung dan Pasanggrahan kami sudah minta ke pusat untuk perbaikan kali yang longsor,” ujar Idris.

Walikota Depok yang di dampingi Dandim 0508 dan Wakapolres Metro Depok, mengharapkan kepada seluruh komponen yang ada di Kota Depok, supaya Betul-betul siaga dan secara bersama-sama dan bersinergi mengantisipasi jangan terjadi bencana.

“Saya juga menghimbau, deteksi awal Hotspot serta pemadaman awal tentunya dengan melibatkan seluruh OPD terkait termasuk peran masyarakat,” tuturnya.

Meningkatkan sinergitas antara stakeholder serta mengecek kesiapan personil dan perlengkapan pendukung dari unsur instansi terkait. Kemudian penyelenggara penanggulangan bencana dalam rangka menghadapi kejadian bencana yang akan terjadi di Kota Depok.

“Pada akhirnya saya berharap dengan acara ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan sehingga mampu merespons secara cepat dan tepat setiap bentuk bencana yang terjadi,” ungkapnya. (Adi).