oleh

Warga Harapkan Relokasi Karena Trauma Terdampak Erupsi Gunung Semeru Dua Kali Dalam Setahun

Siaranjabodetabek.com – Warga Dusun Umbulan, trauma merasakan erupsi gunung semeru dua kali sepanjang 2021. Warga berharap janji presiden untuk relokasi segera terwujud.

Sulaiman warga RT. 10 Dusun Umbulan Promojiwo Kabupaten Lumajang hanya bisa menatap rumah dan sawahnya  yang rusak di terjang lahar dingin  dan tertutup abu vulkanik erupsi gunung Semeru.

Sulaiman bersama lebih 90 keluarga lainnya, kini kehilangan tempat tinggal bahkan lahan pertanian sebagai mata pencaharian juga rusak.

Ini bukanlah pertama kali warga Dusun Umbulan harus mengungsi akibat erupsi Semeru, akhir tahun 2020 dan pertengahan Januari 2021 erupsi gunung Semeru juga memaksa warga meninggalkan rumah mereka. Kini relokasi menjadi inmpian warga untuk terhindar dari bahaya.

“Kami sudah 21 tahun sudah kena dua kali ngungsi-ngungsi begini terus dan kasihan anak-anak kita. Trauma terus pak”. Ujar  Sulaiman selaku sebagai Warga Korban Terdampak Erupsi Semeru, Selasa, 07 Desember 2021

Sementara Presiden Joko Widodo yang meninjau langsung daerah terdampak letusan gunung Semeru di Lumajang, berjanji akan putuskan segera tempat relokasi bagi warga yang terdampak letusan Semeru.

Selain rencana relokasi perbaikan infrastruktur akan dikerjar setelah proses evakuasi selesai dan aktivitas Gunung Semeru telah mereda

– Khalifah Sekar Arum