Hindari! 10 Kebiasaan Makan yang Membuat Berat Badan Naik

Artikel, Headline28 Dilihat

Siaranjabodetabek.com – Mempertahankan berat badan yang sehat adalah tujuan bagi banyak orang.

Meskipun faktor genetik dan metabolisme berperan dalam pengaturan berat badan, kebiasaan makan memiliki dampak signifikan.

Beberapa kebiasaan makan tidak sehat dapat membuat berat badan naik secara tidak terduga. Berikut adalah 10 kebiasaan makan yang sebaiknya dihindari:

1. Pengonsumsian Makanan Cepat Saji yang Berlebihan

Makanan cepat saji seringkali tinggi lemak, gula, dan kalori. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan penumpukan lemak dan peningkatan berat badan.

2. Minum Minuman Bersoda dan Minuman Manis Lainnya

Minuman bersoda dan minuman manis mengandung banyak gula tambahan yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Gantilah dengan air mineral atau minuman rendah kalori.

3. Mengonsumsi Porsi yang Terlalu Besar

Porsi makan yang besar dapat mengakibatkan asupan kalori yang berlebihan. Perhatikan ukuran porsi dan hindari makan berlebihan.

4. Kebiasaan Ngemil yang Tidak Sehat

Ngemil makanan tinggi gula dan lemak trans dapat menjadi penyebab kenaikan berat badan. Pilihlah camilan sehat seperti buah-buahan atau kacang-kacangan.

5. Tidak Memperhatikan Kandungan Gula dalam Makanan

Banyak makanan olahan mengandung gula tambahan yang tinggi. Periksa label nutrisi dan hindari produk dengan kandungan gula yang berlebihan.

 6. Mengabaikan Sayuran dan Buah-buahan

Kurangnya konsumsi sayuran dan buah-buahan dapat menyebabkan defisiensi nutrisi dan kurangnya serat, yang dapat memicu keinginan makan berlebihan.

7. Melewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan dapat mengakibatkan peningkatan rasa lapar dan kecenderungan untuk mengonsumsi lebih banyak kalori selama hari.

8. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Olahan

Makanan olahan seringkali mengandung tambahan gula, garam, dan lemak yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Pilihlah makanan segar dan alami.

9. Kurang Minum Air

Kurang minum air dapat membuat tubuh merasa lapar dan kadang-kadang diartikan sebagai rasa haus. Minumlah cukup air setiap hari untuk membantu menjaga keseimbangan cairan dan menahan rasa lapar yang tidak perlu.

10. Mengonsumsi Makanan Rendah Lemak Tetapi Tinggi Gula

Makanan rendah lemak seringkali mengandung gula tambahan untuk meningkatkan rasa. Perhatikan kandungan gula pada makanan rendah lemak dan pilihlah makanan seimbang.

### Kesimpulan

Menghindari kebiasaan makan yang tidak sehat merupakan langkah penting dalam menjaga berat badan yang sehat. Gaya hidup makan yang seimbang, berfokus pada makanan segar dan alami, serta memperhatikan ukuran porsi dapat membantu mengontrol berat badan. Konsultasikan dengan profesional kesehatan atau ahli gizi untuk bantuan lebih lanjut dalam merancang pola makan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

News Feed