Mengenal Ultrasonography, Modalitas Pencitraan Pilihan Pada Anak

Headline359 Dilihat

Siaranjabodetabek – Ultrasonography atau USG merupakan pemeriksaan awal terpilih pada anak-anak untuk membantu mendiagnosa berbagai kelainan serta sebagai pemandu untuk pemeriksaan lebih lanjut. Contoh kelainan pada anak-anak yang sering menggunakan modalitas ultrasonography adalah pada kasus adanya benjolan atau massa pada perut, gangguan saluran kemih pada anak, kasus kegawadaruratan anak dan masih banyak lainnya.

Pencitraan Ultrasonography menggunakan gelombang suara ultrasonic untuk menghasilkan gambar bagian tubuh. Komponen dasar dari probe ultrasonography adalah kristal piezoelektrik. Rangsangan Kristal oleh sinyal elektrik membuatnya memancarkan gelombang suara berfrekuensi sangat tinggi. Fenomena ini disebut dengan efek piezoelektrik. Pada akhirnya akan terjadi saling memantulkan energy antara gelombang suara dan sinyal elektrik. Ini yang mengakibatkan analisis sinyal oleh computer dan menghasilkan gambar bagian tubuh.

Organ padat, struktur berisi cairan dan permukaan jaringan tubuh menghasilkan berbagai jenis gelombang suara pantul dan dikatakan memiliki ekogenesitas yang berbeda-beda. Pada modalitas ultrasonography, jaringan dikatakan hiperekoik apabila tampak putih atau abu-abu terang sedangkan jaringan dikatakan hipoekoik apabila tampak abu-abu gelap.

Maka, cairan dalam ultrasonography biasa disebut anekoik atau sama sekali tidak memantulkan suara dan tampak hitam dalam tangkapan layar monitor. Dengan kata lain, jaringan yang lebih banyak menerima pantulan gelombang suara maka akan terlihat hiperekoik atau lebih terang.

Modalitas Ultrasonography tidak hanya untuk pemeriksaan kandungan seperti yang diketahui khalayak namun juga biasa dipakai untuk pemeriksaan organ padat mencakup hati, ginjal, limpa dan pancreas. Selain itu juga dapat dipakai untuk mendeteksi kelainan pada saluran kemih, organ kecil seperti testis dan tiroid, payudara dan system otot.

Salah satu kelebihan serta keunggulan dari ultrasonography adalah tidak memakai radiasi pengion. Inilah yang menjadi alasan mengapa ultrasonography menjadi pilihan dan lebih disukai untuk pemeriksaan awal pada banyak kasus yang terjadi pada anak.

Selain itu kelebihan dari ultrasonography adalah harganya yang terjangkau serta alat yang portable sehingga mudah digunakan terutama di unit gawat darurat.

Walaupun ultrasonography menjanjikan berbagai keunggulan, di lain sisi modalitas ini juga memiliki keterbatasan yang cukup menjadi perhatian yaitu ultrasonography sangat bergantung pada keahlian operator untuk menghasilkan dan menginterpretasi gambar saat pemeriksaan berlangsung. Oleh sebab itu, ini menjadi bagian penting dan tantangan tersendiri untuk operator atau radiologist untuk selalu berlatih dan meningkatkan keilmuan dalam mengoperasikan ultrasonography.

Selain keterbatasan tersebut modalitas ini juga tidak dapat menembus udara atau tulang. Sehingga sulit untuk mendeteksi adanya obstruksi usus maupun pada kelainan tulang.

 

dr. Isti Iryan Prianti / KASIDOKKES POLRES KEPULAUAN SERIBU

News Feed