Wamenag : Tunaikan Zakat dan Wakaf dari Masyarakat Alami Peningkatan Sekaligus Meluncurkan Program Digital Exhibition Zakat dan Wakaf Ekonomi Umat

siaranjabodetabek.com, Jakarta – Kementerian Agama melalui Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf menggelar Malam Apresiasi Festival Literasi Zakat dan Wakaf 2021, dan peluncuran program Digital Exhibition Zakat dan Wakaf, KUA Percontohan Ekonomi Umat

Festival Literasi Zakat dan Wakaf 2021, dihadiri Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, yang berlangsung di Aula HM. Rasjidi, Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Kamis (02/12/2021).

“Semangat masyarakat dalam menunaikan zakat dan wakaf mengalami peningkatan dalam beberapa dekade terakhir,” kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Kamis (02/12/2021), malam.

Zainut Tauhid Sa’adi, menyebutkan pengumpulan zakat nasional terus mengalami peningkatan, begitu pula dengan wakaf yang mulai menggeliat dengan produk-produk inovatifnya, ujarnya.

Kemenag juga memberi apresiasi kepada sejumlah pegiat zakat dan wakaf yang dinilai telah berkontribusi dalam meningkatkan literasi zakat dan wakaf di tanah air.

Sementara itu Dirjen Bimas Islam Kemenag Prof Kamaruddin Amin mengatakan, literasi zakat dan wakaf merupakan potensi besar yang ada pada zakat dan wakaf hingga kini belum terealisasi.

“Salah satu alasan yang cukup rasional mengapa tantangan masih besar, karena literasi masyarakat kita soal zakat dan wakaf belum ideal, ini menjadi tantangan kita bersama,” ungkapnya.

Begitu pula Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Tarmizi Tohor, malam apresiasi ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menunaikan zakat, infak, sedekah, dan wakaf, terutama bagi milenial.

Tarmizi menjelaskan, Malam Apresiasi ini merupakan puncak perhelatan Festival Literasi Zakat Wakaf 2021 yang terdiri dari fase Awareness dan fase Festival.

Fase Awareness adalah memperkenalkan dan memberikan pemahaman awal mengenai zakat dan wakaf. Sedangkan, fase Festival yaitu pelaksanaan kegiatan webinar nasional bersama pemerintah, pegiat zakat dan wakaf, dan milenial melalui aplikasi Zoom.

Puncak perhelatan Festival Literasi Zakat Wakaf ini juga diisi beberapa apresiasi sebagai bentuk penghargaan kepada para pegiat zakat dan wakaf yang berpartisipasi dalam menyukseskan program-program Kementerian Agama untuk meningkatkan literasi zakat dan wakaf masyarakat.

Selain itu, Malam Apresiasi juga akan diisi dengan peluncuran program Digital Exhibition Zakat dan Wakaf, KUA Percontohan Ekonomi Umat, Pilot Projek Inkubasi Wakaf Produktif, dan Sistem Akuntansi Zakat. (Adi).

News Feed