Sekda Apresiasi Peran Relawan Bencana Kota Depok Atasi Pandemi Punya Posko

Daerah, Lingkungan109 Dilihat

siaranjabodetabek.com, Depok – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri mengunjungi kegiatan pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Relawan Bencana Kota Depok di Balai Rakyat Kelurahan Beji, Senin (01/11/2021).

Pada kunjungan tersebut, dirinya mengapresiasi kinerja relawan yang telah berjibaku membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menghadapi pandemi Covid-19. Agar tujuannya ke depannya lebih kompak dan paham dalam bidang penyelamatan.

“Mereka bagian dari Pemerintah yang selama ini membantu pemulasaraan jenazah Covid-19. Selain juga membantu warga yang melakukan isolasi,” kata Supian Suri usai menghadiri kegiatan pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Relawan Bencana Kota Depok Tahun 2021.

Supian Suri menambahkan, untuk mendukung mereka, Pemkot melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok memberikan pelatihan ke relawan.

Supian Suri, menyatakan, besar harapannya puluhan warga yang tergabung dalam relawan Depok ini memiliki kemampuan yang lebih baik. Hal itu agar mereka bisa menjadi pilot project bagi relawan yang lainnya.

Supian Suri menambahkan, Pemkot menganggap apa yang dilakukan relawan merupakan sebuah bentuk kepahlawanan. Dengan terus membantu dan peduli kepada sesama.

“Kami menyadari apresiasi yang diberikan masih jauh dari yang dilakukan para relawan. Namun dukungan akan terus diberikan dengan membekali mereka skill seperti hari ini. Jadi bukan sekedar kependuliannya yang tinggi, tapi kami bekali juga dengan skill agar mereka semakin mumpuni,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Disdamkar dan Penyelamatan Kota Depok R. Gandara Budiana mengatakan, rumah singgah menjadi salah satu fasilitas yang disiapkan Pemkot Depok untuk Relawan Bencana. Melalui inisiasi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok, para relawan bakal semakin dimaksimalkan keberadaannya.

“Rumah singgah akan menjadi tempat berkumpul, melakukan kegiatan mitigasi kebencanaan. Ini juga salah satu bentuk apresiasi kami kepada mereka,” kata Gandara, Senin (01/11/2021).

Gandara menjelaskan, setelah kegiatan peningkatan kapasitas untuk para relawan, baru mereka dapat menempati rumah singgah yang ada. Hal itu agar relawan dapat mengimplemetasikan pengetahuan yang didapatkan saat pelatihan.

Camat Beji, Hendar Fradesa merasa bangga sebab wilayahnya terpilih menjadi lokasi rumah Relawan Bencana Kota Depok. Rumah singgah itu bakal berlokasi di RW 09 Kelurahan Pondok Cina.

“Kami kemarin memberikan masukan agar di Pondok Cina sebagai tempat rumah singgah relawan. Karena wilayah Pondok Cina dekat akses Jalan Margonda Raya, Tol Cijago maupun Rumah Sakit Universitas Indonesia,” ucapnya.

Hendar, menambahkan, besar harapannya dengan adanya rumah singgah ini bisa memacu motivasi relawan untuk membantu pemerintah dalam penanganan kebencanaan, sehingga mitigasi bisa dilakukan sebelum terjadi bencana.

“Saat ini rumah singgah dalam proses perapihan. Setelah pembekalan rumah singgah akan siap digunakan para relawan,” tutupnya. (Adi).

News Feed