Semangat Membangun Bersama Warnai Rapat Paripurna DPRD dalam Penyampaian Laporan Hasil Reses Masa Sidang Kedua Tahun 2022

SiaranJabodetabek.com– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok telah melakukan rapat Paripurna dalam penyampaian laporan hasil reses masa sidang kedua tahun 2022 yang dilakukan secara virtual dan tatap muka di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Depok, Jum’at, 27 Mei 2022.

Rapat Paripurna kali ini dihadiri Pimpinan dan Anggota DPRD Depok, Wakil Wali Kota Depok, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Kepala Perangkat Daerah Kota Depok, Unsur Instansi Vertikal dilingkungan Depok.

Usai mendengar Laporan Aspirasi dari seluruh Fraksi, Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menyampaikan pada prinsipnya kami akan Menindaklanjuti laporan reses tersebut sebagai langkah awal dalam pelaksanaan tugas dalam masa sidang kedua DPRD kota Depok tahun sidang 2022.

“Apabila ada hal-hal yang perlu dikoordinasikan dengan perangkat daerah terkait, kami siap membantu selanjutnya saran dan masukan yang disampaikan akan kami tampung dan pelajari bersama-sama dengan perangkat daerah yang terkait untuk menetapkan kemungkinan rencana tindak lanjut ke depan berdasarkan skala prioritas kemampuan keuangan daerah dan tentunya berdasarkan dengan peraturan yang berlaku,” ujar Imam Budi Hartono.

Menurut Imam Budi Harono sejatinya kita diharapkan untuk untuk juga dapat membangun semangat kebersamaan dengan seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam membangun kota Depok sehingga berbagai program dan kebijakan yang berorientasi Terhadap Peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan seluruh masyarakat Depok diharapkan mampu menjawab dinamika dan problematika yang terjadi di masyarakat.

Terkait DTKS Wakil Wali Kota mengatakan ini merupakan suatu masalah bagi Seluruh Daerah. Ia menambahkan untuk di Kota Depok sendiri data DTKS yang telah disempurnakan sejak covid tahun 2019 itu awalnya 1,2 juta lalu di evaluasi sekarang sampai akhir 22 sebanyak 984.710 jiwa atau atau sebanyak 326 506 KK.

“Data DTKS ini sebenarnya bukan hanya data kemiskinan didalamnya terdapat masyarakat miskin yang belum masuk atau ada data yang bukan masyarakat miskin pun ikut masuk karena semangatnya para RT para RW dan para pekerja sosial memasukkan seluruh datanya pada saat covid yang lalu,” ujar Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono.

Bahkan Imam melanjutkan dirinya pernah ke Kementerian Sosial menghadap Ibu Menteri Risma dan menurut Ibu Risma saya tidak berhak mencoret data kemiskinan kecuali jika saya temukan langsung di lapangan bahwa yang bersangkutan bukanlah orang miskin atau Pak Imam boleh mengajukan untuk mencoret jika jelas namanya Alamatnya ada dimana dia menerima apa nanti Kementrian Sosial akan verifikasi dan akan coret jika ditemukan mereka tidak layak mendapatkan bantuan.

“jadi bagi siapa nih Bapak Ibu sekalian yang menemukan para penerima bantuan sosial baik yang berasal dari Kementerian Sosial berupa PKH BNPT dan sebagainya yang tidak layak menerima laporkan saja ke kami agar kami bisa memverifikasi sehingga ketidaklayakan nya akan menjadi hal yang penting bagi kami untuk bisa dialihkan kepada orang-orang yang memang berhak yang belum mendapatkan bantuan sosial baik yang berasal dari Kementerian Sosial maupun yang berasal dari dinas sosial Pemerintah Kota Depok,” Pungkas Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono.

Perlu diketahui pula bahwa dalam Rapat Paripurna Seluruh Fraksi menyampaikan laporan hasil Reses masa sidang kedua tahun 2022. Berikut Intisari penyampaian Laporan hasil reses dari masing-masing Fraksi.

FRAKSI PKS :

Aspirasi yang masuk terkait urusan di komisi A

  1. perlunya regulasi atau pengaturan pemasangan tanggul jalan atau polisi tidur di area pemukiman dan jalan umum agar tidak serampangan secara umum.
  2. keamanan di Kota Depok cukup baik namun dibeberapa lokasi perlu di pasang CCTV atau PJU untuk pemantauan keamanan dan pencegahan tindak kriminal.

Aspirasi yang masuk terkait dengan urusan di komisi B

  1. usulan program pelatihan permodalan dan fasilitas UMKM misalnya pelatihan pemasangan pelatihan kemasan branding pemasangan berbasis online dan gerai pamer produk UMKM dan fasilitas boot UMKM di lahan kosong area terminal dan lain-lain.
  2. pelatihan keterampilan dan bantuanalat produksi yaitu industri rumah tangga khususnya bagi para pemuda karang taruna dan ibu-ibu juga bantuan permodalan pelatihan usaha dan pemasaran produk tertentu seperti tanaman hias ikan hias sari kedelai dan sebagainya.

Aspirasi yang masuk terkait urusan Komisi C

  1. usulan perbaikan jalan lingkungan. pembuatan dan perbaikan drainase atau saluran air turap kali normalisasi setu penanganan sampah di kali dan TPS liar. Bantuan perlengkapan bank sampah seperti gerobak terpal komposter bak dan lain-lain.
  2. Perluasan RTLH, pembangunan RTLH, pembangunan dan sarana Posyandu dan posbindu atau lansia.
  3. penambahan dan perbaikan PJU penerangan makam atau TPU.
  4. pembuatan sumur resapan penanganan masalah banjir dan sebagainya.
  5. masalah banjir yang kerap terjadi di Simpang Mampang Pancoran Mas dekat Masjid Istiqomah yang berada diatas kali, perlu mendapat prioritas penanganan agar tidak terulang kembali. bila perlu dilakukan relokasi masjid, perluasan jalan, pelebaran jembatan dan pendalaman kali di areal tersebut kerjasama dengan pemerintah pusat, Provinsi, pengelola tol Antasari Depok dan sebagainya.

Aspirasi yang masuk terkait urusan di komisi D

  1. Permintaan sosialisasi program kartu Depok Sejahtera atau KDS penanganan masalah kesejahteraan sosial anak jalanan dan pengemis.
  2. Peningkatan kesejahteraan kader Posyandu PKK karang taruna, Majelis Taklim, DKM masjid, insentif guru TPA atau binroh.
  3. Pembangunan RKB Madrasah bantuan pembangunan masjid majelis taklim sarana mengaji bantuan alat musik Hadroh Marawis bantuan tenda dan sound system bantuan alat olahraga lapangan olahraga bantuan komunikasi senam Komunitas senam Pokja sehat Majelis Taklim .
  4. Bantuan laptop untuk PKK dan Posyandu bantuan sarana dan prasarana obat-obatan bagi lansia di posbindu pengadaan ambulance RT RW atau masjid bantuan mobil siaga RW info lowongan kerja Disnaker dan sebagainya

Rekomendasi FRAKSI PKS :

  1. meminta agar program perbaikan Jalan normalisasi saluran air kali turap kali dan Setu serta pemeliharaan jalan jalan lingkungan yang rusak tetap dilanjutkan.
  2. Meminta agar program penanganan potensi banjir dan genangan air mulai dari penanganan sampah di TPS liar dan sampah di aliran sungai termasuk pembuatan sumur resapan yang menampung air tanah dan dan dan untuk kebutuhan jangka panjang sesuai dengan Perda Kota hijau kedua perbaikan sarana ibadah masjid mushola Majelis Taklim dan lain-lain dan juga meningkatnya alokasi anggaran untuk kegiatan PKK karang taruna Majelis Taklim pembimbing rohani atau binroh dan sebagainya hendaknya dapat dilanjutkan dan terus ditingkatkan.
  3. Meminta Pemerintah fasilitasi penumbuhan perekonomian dan peningkatan taraf kesejahteraan warga lewat bantuan pelatihan usaha permodalan alat produksi kemasan media pemasaran dan sebagainya dengan melibatkan karang taruna PKK komunitas koperasi UMKM dan lainnya.

FRAKSI GERINDRA

Aspirasi dan permasalahan dibidang Infrastruktur antara lain :

  1. perbaikan jalan pengaspalan dan betonisasi jalan
  2. perbaikan dan pembangunan turab mengingat sudah banyak turab yang sudah butuh perbaikan
  3. meminta agar pemerintah kota bisa menertibkan pengembang yang tidak atau belum memenuhi fasum pasos
  4. meningkatkan pengadaan penerangan jalan umum terutama yang mengurangi tingkat kerawanan melakukan pengecekan perbaikan dan melakukan peningkatan kemampuan jembatan karena banyak jembatan yang sudah mulai rusak dan sudah tergenang apabila terjadi hujan

aspirasi dan permasalahan di bidang pemerintahan administrasi pemerintah dan kependudukan

  1. meminta pada pemerintah untuk membantu pengurusan surat surat legalitas rumah ibadah
  2. meminta pada pemerintah untuk lebih banyak melakukan sosialisasi mengenai permasalahan hibah tanah untuk pembangunan posyandu dan posbindu
  3. meningkatkan sosialisasi untuk pembuatan akta kelahiran bagi warga yang telah dewasa
  4. meningkatkan sosialisasi tentang programprogram pemerintah kota

Aspirasi dan permasalahan dibidang Kesehatan

  1. meningkatkan pelayanan Puskesmas sebagai ujung tombak kesehatan masyarakat
  2. meningkatkan pelayanan rumah sakit umum daerah terutama bagi pasien BPJS
  3. memperbanyak perlengkapan untuk posyandu yang sudah ada kemudian
  4. melakukan sosialisasi baik tentang covid 19 maupun penyakit-penyakit yang berkembang setelah pandemi covid 19
  5. masyarakat meminta agar alat fogging pengasapan serta sosialisasi pemberantasan jentik nyamuk semakin diperbanyak

Aspirasi dan Permasalahan di bidang kebersihan

  1. meningkatkan intensitas pengangkutan sampah di lingkungan masyarakat
  2. memperbanyak pengadaan tempat pembuangan sampah sementara
  3. memperbanyak pengadaan gerobak sampah dan tempat sampah lima

Aspirasi dibidang Kesejahteraan Masyarakat

  1. meningkatkan hibah dan bantuan sosial untuk masyarakat
  2. tidak meratanya pembagian Bansos
  3. meningkatkan program perbaikan terhadap rumah tidak layak huni
  4. meningkatkan dan memperbanyak program pelatihan bagi remaja
  5. memperbanyak bantuan untuk kegiatan rohani dan rumah ibadah
  6. UMKM dan koperasi agar lebih diperhatikan dan di bantu oleh pemerintah baik dari segi perizinan permodalan maupun pemasaran termasuk kelompok usaha perikanan dan peternakan
  7. meminta agar pemerintah kota memberikan bantuan pengadaan tenda kursi dan perlengkapan tingkat RT dan RW
  8. memberikan bantuan melalui dana cadangan yang dialokasikan ke kecamatan atau kelurahan kepada warga yang rumahnya rusak berat karena kena angin kencang dan hujan.

Aspirasi dibidang Pendidikan

  1. pemerintah kota dapat memberikan solusi terhadap banyaknya ijazah dari murid yang yang masih ditahan oleh pihak sekolah karena murid tersebut belum melunasi biaya sekolah
  2. meminta agar lokasi program paket A, B, C diperbanyak paling tidak ada beberapa lokasi dalam setiap kecamatan
  3. meminta kepada pemerintah kota untuk mengadakan program beasiswa untuk anak-anak yang tidak mampu
  4. memperbanyak pengadaan taman bacaan
  5. masih ada anak-anak siswa di Kota Depok yang tidak bersekolah karena tidak lolos PPDB serta tidak mampu membayar biaya pendidikan di sekolah swasta
  6. terdapat gedung sekolah yang kondisinya sangat memprihatinkan serta tidak aman bagi guru maupun murid

Aspirasi dibidang Keamanan

  1. kesejahteraan para linmas untuk ditingkatkan
  2. agar pemerintah kota berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk pengawasan terhadap peredaran narkoba minuman keras yang sudah sampai ke tingkat RW dan RT
  3. agar pemerintah kota berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk pengawasan terhadap maraknya remaja yang tawuran

FRAKSI PDIP

Aspirasi dibidang Pemerintahan

  1. pemerintah kota depok harus segera memperbaiki data warga miskin nya baik yang baik yang menerima PKH penerima bantuan non tunai dan warga miskin yang belum menerima bantuan apa- apa.
  2. masih banyaknya masyarakat yang membutuhkan KIS dan KIP tetap sulit mendapatkannya
  3. perangkat ASN di tingkat kelurahan dan kecamatan agar bisa lebih ramah untuk melayani warga terutama warga yang mempunyai keterbatasab pendidikan.
  4. Meminta agar perintah peraturan perundang-undangan agar setiap layanan publik itu mendeklarasikan layanannya itu dilakukan

Aspirasi dibidang perekonomian dan keuangan

  1. Pemerintah kota depok agar memberikan peluang usaha bagi masyarakat agar dapat meningkatkan pendapatan perekonomian bagi masyarakat kota depok
  2. Membentuk koperasi dan UMKM di setiap kelurahan
  3. Berdayakan UMKM yang berasal dari warga dan dipermudah untuk pendaftaran UMKM online

Aspirasi dibidang Pembangunan

  1. Dinas PUPR diharapkan memperhatikan titik-titik banjir yang harus diatasi dan juga memperhatikan jalan-jalan dan saluran-saluran air yang harus diperbaiki dan dibangun.
  2. Segera dicarikan lahan kosong untuk digunakan sebagai lahan kuburan atau pemakaman
  3. Minimnya peran pemkot untuk warga Tanah Baru yang terdampak pembangunan jalan tol seperti rumah yang retak banjir dan jalan-jalan yang terputus hanya diganti jpo saja
  4. Dinas PUPR memberikan perhatian lebih kepada wilayah permukiman yang terkena banjir

Aspirasi di bidang kesejahteraan Rakyat

  1. Banyak perusahaan pabrik dan restoran yang tidak mempekerjakan warga sekitar tempat-tempat tersebut
  2. Diharapkan penambahan pembangunan-pembangunan SMP dan SMA Negeri di wilayah Kota Depok yang sangat padat penduduk
  3. Jangan ada lagi ijazah yang tertahan terutama di sekolah-sekolah SMA dan SMK karena orang tua murid belum melunasi biaya biaya pendidikan di sekolah tersebut
  4. Masih banyak RW yang belum mempunyai Posyandu tetapi tidak memiliki lahan fasos fasum
  5. Puskesmas di Kota Depok menjadi Puskesmas yang melayani 24jam di semua Kecamatan
  6. Banyak warga tidak mampu yang tidak mendapat bantuan PKH ataupun bantuan lainnya
  7. Bantuan kepada penyandang disabilitas terutama anak-anak masih sangat kurang perhatiannya
  8. pelaksanaan dan penyaluran kartu depok sejahtera atau KDS yang belum transparan dan tidak merata

FRAKSI GOLKAR

aspirasi dan permasalahan dibidang Infrastruktur

  1. pembuatan turap yang berada di wilayah RW 05 Kelurahan Tirtajaya dan turap kali baru RW 05 Kelurahan Jatijajar agar bisa terealisasikan segera.
  2. perbaikan jembatan gantung penghubung antara Kelurahan Tirtajaya dengan Kelurahan Depok
  3. pembangunan Puskesmas dan Posyandu
  4. pembangunan sekolah negeri baik sekolah dasar menengah pertama maupun menengah atas untuk memenuhi peraturan zonasi dalam penerimaan siswa masuk
  5. pembangunan sarana dan prasarana olahraga dan senam

Aspirasi bidang Pemerintahan

  1. Meminta Pemerintah untuk memastikan Perusahaan-perusahaan swasta berizin sesuai ketentuan pemerintah Kota Depok.
  2. Meminta Pemerintah untuk memastikan perusahaan-perusahaan swasta mempekerjakan warga sekita kantor tersebut.
  3. Meminta Pemerintah untuk memastikan apakah CSR Perusahaan-perusaahan swasta diberikan kepada warga Kota Depok
  4. Meminta Pemerintah untuk pengadaan atau pembelian lahan Posyandu di wilayah RW 16 kelurahan Pancoran Mas

Aspirasi bidang kesehatan

  1. Tingkatkan Pelayanan KIS yang masih dikeluhkan oleh Masyarakat
  2. pembuatan bak bak sampah di lingkungan masyarakat masih menjadi permintaan warga masyarakat

Aspirasi di bidang Pendidikan

  1. keberadaan Sekolah Negeri masih menjadi aspirasi warga masyarakat baik SD atau MI Negeri SMP atau MTS negeri maupun SMA atau MA negeri

Aspirasi dibidang Kesejahteraa

  1. Program RTLH bagi warga masyarakat yang membutuhkan masih menjadi Primadona
  2. terkait dana hibah untuk karang taruna juga dipertanyakan oleh beberapa pengurus karang taruna baik tingkat Kelurahan unit RW dan Sub unit RT karena Sampai dengan saat ini belum mendapatkan atau memperoleh dana hibah tersebut.
  3. harapan warga masyarakat terhadap program program yang dicanangkan oleh pemerintah kota Depok agar tepat sasaran transparansi serta bisa dirasakan oleh semua lapisan warga masyarakat kota Depok.

FRAKSI DEMOKRAT PERSATUAN PEMBANGUNAN

Aspirasi dibidang Kesehatan

  1. maksimalisasi Pemerintah Kota Depok dalam bentuk pelayanan kesehatan dan sumber daya tenaga kesehatan di Puskesmas maupun RSUD sudah terlihat cukup responsif dan optimal.
  2. Meminta adanya hibah bantuan melalui peningkatan sarana dan prasarana bagi Posyandu ditengah lingkungan masyarakat.

Aspirasi dibidang Pendidikan

  1. pengadaan lahan fasilitas pendidikan gedung sekolah baru tetap menjadi prioritas

Aspirasi dibidang Infrastruktur

  1. pembangunan infrastruktur fisik masih menjadi program primadona program yang diharapkan masyarakat di tengah-tengah kehidupan saat ini.

Aspirasi dibidang pelayanan Pemerintah

  1. meminta pemerintah mensosialisasikan teknis realisasi program dari KDS agar bisa benar-benar sampai kepada masyarakat yang membutuhkan.

FRAKSI Partai Amanat Nasional

Aspirasi di bidang Infrastruktur

  1. mengharapkan adanya pemerataan pembangunan terutama di wilayah barat.
  2. mengusulkan atas PJU di wilayah barat bisa segera terlaksana.
  3. perbaikan infrastruktur drainase di lingkungan RT 02 05 Kelurahan suka Sukamaju berupa drainase sepanjang kurang lebih 300 meter
  4. Menertibkan trotoar diwilayah sukmajaya sehingga ketika hari mingga baik pejalan kaki maupun pedagang merasa nyaman.
  5. menanggulangi banjir di Kelurahan Grogol Kecamatan Limo RT 01 RW 07
  6. mengharapkan percepatan untuk menangani jalan dan irigasi di Kelurahan meruyung RT 02 RW 03 Kecamatan Limo
  7. Meminta Pemerintah mencari solusi terkait TPA Cipayung karena sampai saat ini belum dirasakan adanya perubahan.
  8. mendorong agar dana kompensasi banjir kelurahan pasir putihsegera dicairkan.

Aspirasi dalam bidang Ekonomi

  1. Meminta Pemerintah agar mempermudah mendapatkan dana bantuan UMKM

Aspirasi dalam bidang sosial

  1. Meminta pemerintah agar bisa meningkatkan kinerja kinerja petugas-petugas kerohanian yang barangkali sekarang juga sudah mulai terealisasi namun belum merata termasuk di wilayah barat.

 

FRAKSI PKB PSI

Aspirasi dalam bidang Pembangunan Infrastruktur dan pelayanan publik

  1. mendorong pemerintah Depok memperhatikan perbaikan drainase dan pembangunan turap lingkungan keluarga yang sudah rusak
  2. Mohon untuk segera diperbaiki Jalan Raya dan jalan lingkungan yang banyak berlubang dan rusak
  3. berharap dapat diadakan bantuan Pemkot untuk fasilitas sarana untuk warga berolahraga taman bermain untuk anak dan kegiatan dan masyarakat lainnya di lingkungan RW di seluruh kota Depok

Aspirasi dibidang Kesehatan

  1. Pemerintah Kota Depok perlu melibatkan tenaga medis dokter dalam kegiatan posyandu untuk melakukan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang membutuhkan.
  2. mendorong Pemerintah Kota Depok supaya segera mengambil terobosan baru menanggulangi peningkatan jumlah pengangguran di masyarakat usia produktif. serta bantuan modal usaha kepada ibu-ibu prasejahtera yang ditinggalkan suaminya karena meninggal dunia akibat covid 19.

 

(Rohmat Rospari)

News Feed