amalan sedekah di bulan ramadhan   

Artikel, Headline68 Dilihat

Siaranjabodetabek.com – Dalam bulan Ramadan yang benuh berkah keutamaan sedekah menjadi sorotan untuk umat Islam bagi yang ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bersedekah bukan hanya mempererat hubungan dengan Tuhan, tetapi juga dengan tali persaudaraan di antara manusia.

Di antara amalan-amalan yang dianjurkan selama bulan suci ini, sedekah memainkan peran penting sehingga memiliki keutamaan yang besar.

Di bulan Ramadan, pahala dari setiap amalan baik dilipatgandakan oleh Allah SWT. Sedekah yang diberikan pada bulan ini akan mendapatkan pahala yang jauh lebih besar dibandingkan dengan sedekah yang diberikan di bulan-bulan lainnya. Ini merupakan kesempatan emas bagi umat Muslim untuk mengumpulkan pahala sebanyak mungkin.

Dilansir situs Badan Wakaf Indonesia, ketika seseorang melakukan sedekah di saat bulan Ramadan maka banyak keutamaan yang akan di dapat adapun keutamaan yang dijanjikan ialah :

• Dapat mencegah perbuatan maksiat

• Akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda

• Dapat menghapus dosa

• Untuk menjadi tabungan di akhirat

• Membuka pintu kebaikan

• Menenangkan hati karena membantu sesama

Ketika bersedekah harta yang dimiliki lebih berkah seperti dijelaskan pada Qs. Saba : 39

قُلْ اِنَّ رَبِّيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ وَيَقْدِرُ لَهٗۗ وَمَآ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهٗۚ وَهُوَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ ۝٣٩

Arab Latin : qul inna rabbî yabsuthur-rizqa limay yasyâ’u min ‘ibâdihî wa yaqdiru lah, wa mâ anfaqtum min syai’in fa huwa yukhlifuh, wa huwa khairur-râziqîn

Artinya : Katakanlah (Nabi Muhammad), “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkannya.” Suatu apa pun yang kamu infakkan pasti Dia akan menggantinya. Dialah sebaik-baik pemberi rezeki.

News Feed