Awaluddin Faj, Pimpinan Pesantren Modern Primago Raih Gelar Doktor di Universitas Ibn Khaldun

Headline, Nasional48 Dilihat

Siaranjabodetabek.com-Awaluddin Faj, S.Pd.I, M.Pd, Alumni Gontor 2006 dan Unida Gontor 2011, berhasil menyelesaikan Ujian Promosi Doktor pada Program Pasca Sarjana Universitas Ibn Kholdun Bogor, Kamis (06/07/2023).

Mengangkat penelitian berjudul “Konsep dan Aktualisasi Kepemimpinan Totalitas Pesantren Berbasis Nilai – Nilai Spiritual Dalam Pandangan KH Abdullah Syukri Zarkasyi (Kepemimpinan Di Pondok Modern Darussalam Gontor tahun 1985-2020) Awaluddin Faj berhasil menyelesaikan penelitiannya dalam kurun waktu 1,5 Tahun.

Penelitian ini terinspirasi dari sosok yang luar biasa KH Abdullah Syukri Zarkasyi, dan ingin mengkaji lebih dalam tentang Kepemimpinan Pesantren sebagaimana yang pernah ditulis dalam skripsi tentang “Manajemen Pendidikan Pesantren dalam Perspektif Dr. KH Abdullah Syukri Zarkasyi, MA pada tahun 2010.

Awaluddin Fajengungkapkan dirinya meneliti nilai-nilai spiritualitas yang ada di sosok Dr. KH Abdullah Syukri Zarkasyi, sehingga tidak heran beliau menjadi sosok yang berkarismatik hal ini tentu didasari riyadhoh batiniyah dan totalitas dari sosok KH Abdullah Syukri Zarkasyi.

Menurut Awaluddin Faj Beliau pernah mengungkapkan bahwa sosok Kyai itu harus bisa mengasah kekuatan spiritualitasnya, sehingga mampu memiliki ketajaman bashiroh batiniyahnya sebagai buah dari kebersihan hati dan motivasi.

“Ketika kekuatan Spiritualitas seorang Kyai itu terasah yang dijadikan sebagai riyadhoh batiniyah, maka ia akan menghasilkan feeling yang tajam, rasa peka’ yang tinggi, mampu menyelami psikologi orang, responsif, inisiatif tinggi dan analisa yang tajam,” Ungkap alumni Gontor 2006 ini.

Lebih jauh Awaluddin Faj mengungkapkan dirinya menggunakan pendekatan fenomenologis dan rasionalistik dalam mengungkapkan 3 rumusan masalah yang dalam penelitian ini.

Harapan peneliti ke depan, kepemimpinan Total berbasis nilai – nilai spiritual ini bisa menjadi wawasan kepemimpinan dan pengetahuan yang di bisa dikembangkan oleh pemimpin Pesantren maupun lembaga pendidikan Islam. Tambah Awaluddin Faj

Terakhir dirinya berharap semoga ilmu yang didapat ini bisa terus bermanfaat dan ditularkan ke berbagai Pesantren, sehingga mampu menyelami keteladanan dan spirit KH Abdullah Syukri Zarkasyi.

News Feed