Diresmikan Langsung oleh Jokowi, PYCH Wujud Nyata Pemerataan Pembangunan di Papua

Headline, Nasional69 Dilihat

Siaranjabodetabek.com- Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Presiden Joko Widodo kini telah tuntas. Gedung PYCH yang telah dibangun megah di Jayapura ini telah diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Gedung tersebut dibangun dengan nuansa khas rumah adat masyarakat Kota Jayapura dan Wamena, dengan rupa atap Honai dan atap Kariwari, bahkan memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang minat, bakat dan kreativitas anak-anak muda di Tanah Papua.

Gedung PYCH ini dapat menjadi sebuah program untuk menjadi sarana pengembangan potensi yang dimiliki anak – anak generasi muda di Bumi Cenderawasih tersebut. Gedung ini juga merupakan sarana dari pemerintah untuk memakmurkan masyarakat di Papua.

Presiden Joko Widodo dalam peresmiannya mengatakan, pemerintah mendukung pembangunan PYCH untuk memberikan porsi ruang yang lebih bagi pemuda-pemudi Papua dalam pengembangan teknologi, inovasi maupun produk-produk lokal Papua.

” Kita ingin anak anak muda yang ingin berkreatifitas dan berinovasi semuanya memiliki peluang karena di Papua peluangnya sangat besar sekali. Diharapkan dapat memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua,” kata Presiden dalam peresmian gedung PYCH di jayapura, Selasa (21/3/2023).

Jokowi juga menegaskan bahwa pembangunan yang dilakukan di Indonesia tidak hanya berfokus pada jawa sentris tapi Indonesia sentry yang mencakup seluruh wilayah Indonesia termasuk Papua.

Jadi sekali lagi ingin saya sampaikan bahwa pembangunan Indonesia sekarang bukan jawa sentris, tetapi Indonesia sentris dan tanah papua menjadi prioritas dari pembangunan yang kita lakukan,” ucapnya.

Terkait kepedulian pemerintah yang mendalam terhadap generasi muda di Papua, Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI) mengapresiasi Presiden Joko Widodo dalam upayanya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Papua melalui PYCH.

Dalam hal ini, Koordinator AMMI, Nurkhasanah menyambut baik kehadiran PYCH sebagai gelanggang kreativitas bagi generasi muda di Bumi Cendrawasih.

Lebih lanjut, Nurkhasanah berharap kepedulian Presiden Jokowi pada pengembangan kualitas SDM anak-anak muda Papua diharap bisa mempercepat daerah itu mengejar ketertinggalan.

“Pada masa pemerintahan sebelumnya, wadah bagi komunitas pemuda kreatif seperti belum tersentuh. Bahkan di kota besar sekalipun. Namun sekarang, di Papua sudah ada tempat yang menampung kreativitas anak-anak muda,” terangnya.

News Feed