Dukung Kelancaran KTT ASEAN 2023, Bupati Manggarai Barat Siapkan Lahan Parkir Luas

Headline, Nasional59 Dilihat

SiaranJabodetabek.com- Labuan Bajo — Demi mendukung kelancaran seluruh penyelenggaraan KTT ASEAN 2023, Bupati Manggarai Barat menyiapkan lahan parkir yang cukup luas untuk kendaraan para tamu delegasi.

Diketahui bahwa setidaknya lahan yang terdapat di halaman kantor Bupati Manggarai Barat tersebut mampu menampung hingga 12 kendaraan listrik dan juga diproyeksikan untuk lahan parkir kendaraan milik Kepala Negara peserta KTT ASEAN 2023.

“Yang prioritas parkir di halaman kantor bupati ada 12 mobil. 11 mobil Kepala Negara dan 1 mobil milik Sekretaris ASEAN,” jelas Edistasisus Endi selaku Bupati Manggarai Barat.

Meski sudah diperkirakan untuk sekitar 12 kendaraan, namun menurutnya memang tidak menutup kemungkinan untuk adanya penambahan jumlah kendaraan. Pasalnya, memang lahan yang dipersiapkan untuk kantong parkir tersebut sudah cukup luas.

Sehingga kendaraan dari para menteri atau delegasi KTT ASEAN 2023 lainnya masih bisa terparkir di sana. Bukan hanya itu, namun Bupati Edi menambahkan bahwa ada pula fasilitas tambahan yakni berupa tempat pengisian listrik.

“Masih memungkinkan untuk kendaraan milik menteri atau peserta lain bisa parkir disitu. Disitu juga nanti akan tersedia tempat pengisian listrik yang sekarang sedang dibangun,” ujarnya.

Mengenai fasilitas pengisian listrik untuk kendaraan listrik para delegasi ASEAN Summit 2023, Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) Labuan Bajo, Ridwan menyatakan bahwa akan dipasang sebanyak 7 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging. Kemudian, terdapat tambahan fasilitas lain yakni sebanyak 25 unit Home Charging.

Tidak hanya sekedar di Halaman Kantor Bupati, namun pemasangan fasilitas pengisian listrik untuk kendaraan itu menurut Ridwan juga akan dilakukan di beberapa titik lain seperti hotel dan kawasan wisata. Beberapa sudah mulai direncanakan sebagai instruksi langsung dari Kemensesneg.

“Sementara direncanakan di Kampung Ujung, Hotel Jayakarta, Waterfront, parkir Pelabuhan ASDP, Puncak Waringin, Hotel Ayana dan Hotel Sudamala sesuai instruksi Kemensesneg,” ujarnya.

Untuk mendukung pengalihan atau transisi energi menuju penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT), Indonesia selaku Ketua KTT ASEAN 2023 juga sudah mempersiapkan sebanyak 250 kendaraan listrik. Keseluruhan kendaraan listrik tersebut akan digunakan untuk kepala negara dan juga para delegasi.

“Ada 250 kendaraan listrik yang nantinya disiapkan untuk kepala negara dan delegasi peserta KTT ASEAN,” kata Ridwan.

Berkaitan dengan hal itu, Ketua Asosiasi Angkutan Wisata Darat Labuan Bajo, Jhon Dacosta sangat mengapresiasi penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo dan akan mendukung penuh gelaran KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo.

“Kami sepakat dan sangat mendukung penuh penyelenggaraan ASEAN Summit di Labuan Bajo dan kami sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat yang memilih Labuan Bajo sebagai tempat penyelenggaraan KTT ASEAN yang ke-42,” katanya.

News Feed