Ikadi Gelar Pelatihan Sembelih Hewan Halal untuk Pengurus DKM se-Kota Depok

berita66 Dilihat

Siaranjabodetabek.com – Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Kota Depok mengadakan pelatihan penyembelihan hewan halal kepada pengurus DKM se kota Depok di komplek pendidikan terpadu madinatul Quran Cilodong Minggu, 4 Desember 2022.

Dalam sambutannya Ketua IKADI Kota Depok, Dr. KH. Badruddin mengatakan bahwa pelatihan ini dimaksudkan agar para peserta memiliki kompetensi yang memadai untuk menyelenggarakan kegiatan pemotongan hewan kurban di lingkungan masjidnya.

sehingga masyarakat yang menitipkan kurbannya merasa yakin dan tidak ada keraguan bahwa hewan kurbannya diurus dengan baik.

“Menyembelih hewan adalah bagian dari ibadah harus dilakukan dengan baik dan benar sesuai dengan petunjuk agama. Teknik dan cara penyembelihan yang benar harus dikuasai oleh para pengurus DKM yang biasa setiap tahunnya menerima amanah dari masyarakat berupa hewan kurban, ungkapnya.

Kegiatan ini juga diisi oleh beberapa narasumber dari JSHD ( Juru Sembelih Halal Depok) yang dikomandani oleh H. Misbah.

Dalam paparannya H. Misbah dan tim menjelaskan sejumlah teknik penyembelihan dari mulai pemilihan hewan, cara penyembelihan, teknik menjatuhkan hewan, sampai kepada cara menyimpulkan tali temali dan mengasah perkakas.

Kegiatan ini berakhir dengan turun ke lapangan dan mempraktekkan secara langsung kepada kambing dan sapi yang telah disiapkan sebagai alat peraga.

Miral Hayadi salah satu peserta pelatihan dari Cipayung merasa bergembira dan bersyukur dapat ikut serta mengikuti pelatihan ini.

‘Pelatihan yang sangat bermanfaat, sebagai seorang yang biasa menyembelih ada banyak pengetahuan dan pengalaman baru terus terang sebelum ini saya belum tahu. semoga kedepannya kegiatan seperti ini bisa lebih intensif dilakukan Pemkot Depok dengan mitranya Ikadi, tuturnya.

News Feed