Kadisdamkar dan Penyelamatan Membuka Diklat Water Rescue Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Depok

Daerah, Lingkungan65 Dilihat

siaranjabodetabek.com, Depok – Kwartir Cabang Pramuka Kota Depok menggelar pelatihan teknis pertolongan permukaan air (Water Rescue), Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Depok Tahun 2021. Tema Diklat Water Rescue kali ini “Satyaku Ku Darmakan Darmaku Ku Baktikan“.

Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) dan Penyelamatan Kota Depok R. Gandara Budiana, Sabtu (30/10/2021) ini berlangsung di Aula kantor Kwartir Cabang Pramuka Kota Depok. Ditandai dengan menyamatkan tanda peserta kepada perwakilan peserta Diklat.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) dan Penyelamatan Kota Depok Gandara Budiana menyatakan, terima kasih atas terselenggarannya Diklat Water Rescue yang digagas Kwartir Cabang Pramuka Kota Depok.

“Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi para potensi pencarian dan pertolongan bagi anggota Pramuka, meminimalisasi korban bencana terutama bencana banjir dan kejadian kegawatdaruratan di air,” kata Gandara, Sabtu (30/10/2021), usai membuka Diklat Water Rescue di kantor Pramuka Kota Depok.

Menurutnya, pendidikan dan pelatihan yang digelar merupakan tahap pembelajaran dengan tujuan untuk memberikan bekal dan keterampilan kepada para potensi pencarian dan pertolongan.

“Setelah menyelesaikan program Diklat Pramuka peduli ini, seluruh peserta diharapkan mampu mengaplikasikan seluruh kemampuan yang ada untuk mendukung dalam operasi pencarian dan pertolongan ketika terjadi musibah atau bencana di wilayah masing-masing,” ujar Gandara.

Ia pun menyatakan, berbagai musibah yang terjadi, baik di darat, laut, udara hingga peristiwa bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor dan sebagainya.

“Hal ini mengisyaratkan kepada kita bahwa kedepan, tugas Pramuka akan semakin berat, sehingga dibutuhkan kewaspadaan setiap saat dan kesigapan bagi kita dalam memberikan pelayanan pencarian dan pertolongan pada masa tanggap darurat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Depok Nina Suzana mengatakan, terima kasih atas pelaksanaan Diklat Pramuka peduli oleh Disdamkar dan Penyelamatan Kota Depok.

Meski di tengah kondisi pandemi Covid-19, namun pihak penyelenggara tetap mengendepankan penerapan protokol kesehatan.

“Memang saat ini kami sangat membatasi kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang banyak, namun sejak tadi kami melihat pihak penyelenggara sangat ketat dalam penerapan protokol kesehatan di tempat ini,” ucap Nina.

Disebutkan, sejauh ini terus berupaya untuk mendukung tugas, peran dan kolaborasi dengan Disdamkar dan Penyelamatan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok dalam Pertolongan.

“Makanya dalam kesempatan ini, kami juga melibatkan beberapa unsur Andalan dari tiap Kwarran, Penegak dari Tiap Kwarran, DKC, semuanya dari Anggota Pramuka Peduli,” ungkap Nina.

Di tempat yang sama Ketua Panitia Diklat Pramuka peduli Munadi menambahkan, peserta Diklat hanya dibatasi sebanyak 45 orang. Selain menerima materi, para peserta juga akan melaksanakan simulasi yang rencananya bakal dilangsungkan di perairan situ Cilodong.

Menurutnya, pramuka peduli untuk berperan dibidang pengabdian masyarkat terutama dalam kesiap siagaan dalam bidang kebencanaan.
“Ini adalah salah satu dari wujud kepedulian anggota pramuka terhadap masyarakat dan lingkungan,” paparnya.

Ketua panitia Diklat Water Rescue Munadi

Diklat ini melibatkan unsur Pramuka Kwartir Ranting Pramuka, 1 Andalan dari tiap Kwarran, 1 Penegak dari Tiap Kwarran, DKC 5 orang, Dari Anggota Pramuka Peduli/Panitia sebanyak 23 Orang. dengan total peserta 45 orang, akan dilangsungkan selama lima hari kedepan.

Dalam acara hadir Kepala Dinas PORYATA Kota Depok, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Depok, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Sosial Kota Depok, Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Depok, Kepala Pusdilkatcab Kota Depok, Ketua PMI Kota Depok, Ketua Orari Lokal Kota Depok, Ketua Kreasi Jalin Dermawan Kota Depok, Ketua Kreasi Jalin Dermawan Kota Depok dan Ketua Yayasan Sahabat Ciliwung. (Adi).

News Feed