PT Permodalan Nasional Madani Ajak Nasabah Pasarkan Produknya Lewat Medsos

Siaranjabodetabek com– PT Permodalan Nasional Madani (PNM) terus berupaya mempercepat pengembangan usaha para nasabah mikro dan ultramikro, baik berupa dukungan permodalan maupun pembinaan melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU).

Salah satu jenis pembinaan yang dilakukan berupa Temu Usaha Nasabah Mekaar (TUNM) yang rutin dilakukan melalui Kantor Cabang PNM di seluruh Indonesia. Materi yang disampaikan terkait masalah-masalah praktis yang secara langsung bisa diterapkan oleh para pelaku ekonomi kerakyatan ini.

Seperti kegiatan TUNM yang dilakukan PNM Cabang Tegal pada Kamis, 21 Juli 2022, dengan tema “Sosialisasi Manfaat Memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Pemasaran di Media Sosial Facebook”. Kegiatan yang berlangsung di Agrowisata Besaran Hijau, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ini diikuti oleh 600 nasabah perempuan prasejahtera.

“Melalui pelatihan PKU kami berharap ibu-ibu Mekaar mendapatkan NIB dan mengembangankan usahanya melalui platform media social,” kata Dicky Fajrian, Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) PNM, yang juga Staf Utama BUMN Muda dan Pemenang Indonesian Young Business Leader Award 2022.

Hadir dalam kesempatan itu Pimpinan PNM Cabang Tegal, Ahmad Nur Muharam, dan Wakil Bupati Brebes, Narjo SH. Dalam sambutannya Narjo menyambut baik upaya yang dilakukan PNM untuk terus membantu meningkatkan perekonomian warganya.

Melalui pelatihan ini seluruh peserta langsung mendapatkan NIB dan siap untuk memasarkan produknya melalui jaringan media sosial. Banyak manfaat dari NIB, antara lain akan lebih mudah untuk mendapatkan legalitas usaha.

Para peserta juga diajak untuk aktif mempromosikan produknya melalui akun facebook. Melalu jaringan online ini diharapkan jangkauan pemasarannya akan lebih luas, sehingga penjualan terus meningkatkan. Pada akhirnya, usaha mereka akan lebih maju dan naik kelas menjadi usaha kecil-menengah yang tangguh

Pada kesempatan itu juga diselenggarakan pameran produk nasabah PNM Mekaar di wilayah Kabupaten Brebes. Tak kurang dari 10 nasabah yang berpartisipasi dalam pameran itu dengan berbagai jenis usaha seperti kerajinan, pakaian, kuliner, dll.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari UMKM Bangkit, mitra PNM Cabang Tegal yang membantu peserta dalam pembuatan NIB dan on boarding di media sosial.

Hingga 20 Juli 2022, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 129,08 triliun kepada 12,18 juta nasabah PNM Mekaar. Pembiayaan itu disalurkan melalui 3.500 kantor PNM Mekaar dan 688 kantor PNM ULaMM, yang tersebar di 34 provinsi, 422 kabupaten/kota, dan 5.640 kecamatan. ***

News Feed