Atasi Asam Lambung, Hindari Makanan Pedas dan Minuman Beralkohol

siaranjabodetabek.com – Sakit asam lambung juga biasa disebut Gerd (Gastroesophageal reflux disease) atau bisa juga mulas. Biasanya penderita asam lambung akan mengalami mulas dengan sensasi rasa terbakar di dada.

Cara mengatasi sakit lambung sebenarnya mudah dilakukan di rumah, asalkan tahu caranya. Satu hal yang harus dipahami, masyarakat secara umum perlu tahu kalau sakit asam lambung berbeda dengan maag.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam bahwa seseorang mengalami asam lambung (gerd) tentu tidak membutuhkan pengobatan yang lama atau seumur hidup. Namun perlu diingat bahwa gerd itu bisa sembuh tapi juga bisa kambuh kembali.

Dalam beberapa kasus, mungkin orang yang merasakan sakit lambung memerlukan obat-obatan atau pembedahan. Namun, banyak orang dapat memperbaiki gejalanya antara lain dengan:

  • Menghindari alkohol dan makanan pedas, berlemak atau asam yang memicu mulas
  • Makan dalam porsi kecil
  • Tidak makan mendekati waktu tidur
  • Menurunkan berat badan jika diperlukan
  • Mengenakan pakaian yang longgar

“Hal tersebut dipicu gejala yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti kafein dan alkohol. Faktor risiko gerd itu obesitas, merokok, alkohol, kopi, stres dan tidur terlentang. Cegah gejalanya dengan rubah gaya hidup sehat,” Ujar Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB dalam acara virtual media briefing bersama wellesta cpi.

 

 

News Feed